Peningkatan keterampilan berbicara materi dongeng mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media wayang kartun pada siswa kelas 3 MI Tanada Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nadiah Islamiati (2020) Peningkatan keterampilan berbicara materi dongeng mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media wayang kartun pada siswa kelas 3 MI Tanada Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiah Islamiati Putri_D97216117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas III MI TANADA Waru Sidoarjo dalam hal belum terampil dalam berbicara (merasa takut atau malu bahkan kurang lancar). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 32 siswa hanya 12 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (tuntas) sedangkan 20 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM (tidak tuntas). Diharapkan media wayang kartun mampu memperbaiki dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang masih belum terampil dalam berbicara.
Masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Penggunaan media wayang kartun dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng kelas III MI TANADA Waru Sidoarjo, 2) Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media wayang kartun pada pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng kelas III MI TANADA Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas III-A MI MI TANADA Waru Sidoarjo yang terdiri dari 32 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penggunaan media wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, unjuk kerja (non-tes) dan dokumentasi. Penggunaan media wayang kartun dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa. Hasil capaian kesusksesan penggunaan media observasi guru mencapai 83 (Baik) dari yang awalnya 78 (Cukup). Sedangkan hasil observasi siswa mencapai 90 (Sangat Baik) dari yang awalnya 78 (Cukup). Peningkatan penggunaan media wayang kartun materi dongeng dapat diketahui nilai rata-rata siswa sebesar 73,75 (Cukup) dan mengalami peningkatan menjadi 85,625 (Baik). Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari 14 siswa yang tuntas dengan prosentase 56,25% (Kurang) menjadi 27 siswa yang tuntas dengan prosentase sebesar 84,375% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nadiah Islamiatinadiahputri17@gmail.comD97216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Bahasa Indonesia
Keterampilan
Pendidikan > Media
Keywords: Keterampilan berbicara; Dongeng; Mata pelajaran Bahasa Indonesia; Media wayang kartun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiah Putri
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:47
Last Modified: 14 Aug 2020 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42369

Actions (login required)

View Item View Item