Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi penaksiran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Islam Maryam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nur (2020) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi penaksiran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Islam Maryam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rahmawati_D97216071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika materi penaksiran kelas IV D SD Islam Maryam Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV didapatkan bahwa selama pembelajaran selama ini siswa kelas IV D tidak begitu suka dengan pelajaran matematika karena pelajaran ini dianggap sulit, sehingga minat belajarnya menjadi rendah, dimungkinkan siswa menginginkan inovasi pembelajaran baru untuk melakukan kegiatan belajar. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi peneksiran pada siswa kelas IV D SD Islam Maryam Surabaya, 2) peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas IV D di SD Islam Maryam Surabaya setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi penaksiran.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model kemmis dan Taggart yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berjalan secara optotimal, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 80 (Baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 90 (Sangat Baik). Hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 70 (Cukup Baik) dan meningkat menjadi 87,5 pada siklus II (Sangat Baik). 2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan ketuntasan dengan rata-rata 71,9 dan memerolehan persentase 56% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 85,6 dengan pemerolehan persentase 86,6 % pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Nurnurrahma.uinsa@gmail.comD97216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan; Menyelesaikan soal Cerita; Materi penaksiran; Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR RAHMAWATI
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:11
Last Modified: 13 Aug 2020 11:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42341

Actions (login required)

View Item View Item