Peningkatan kreativitas siswa materi seni tari Kipas Pakarena mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui Model Project Based Learning pada siswa kelas IV E MIN 1 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Vivi (2020) Peningkatan kreativitas siswa materi seni tari Kipas Pakarena mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui Model Project Based Learning pada siswa kelas IV E MIN 1 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Agustina_D97216089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas Seni Tari Kipas Pakarena melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV E MIN 1 Kota Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Seni Budaya dan Prakarya kelas IV E MIN 1 Kota Surabaya, yang menjadi penyebab rendahnya kreativitas seni tari kipas pakarena yaitu karena waktu pelaksanaan pembelajaran yang terbatas, kurangnya fasilitas yang memadai dan kurangnya sumber daya manusia yang mahir pada bidang tersebut. Sehingga siswa yang aktif kurang antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai pra siklus dari 29 siswa hanya 6 siswa yang mampu melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu ≥80. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Penerapan model Project Based Learning pada materi Seni Tari Kipas Pakarena. 2) Peningkatan kreativitas Seni Tari Kipas Pakarena melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV E MIN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV E MIN 1 Kota Surabaya, dengan jumlah 29 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian melalui wawancara, observasi, dan penilaian kinerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Project Based Learning pada Seni Tari Kipas Pakarena telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I nilai observasi aktivitas guru hanya 75, dan siklus II mencapai nilai 88. Sedangkan nilai observasi aktivitas siswa pada siklus I hanya 73, dan siklus II mencapai nilai 90. 2) Peningkatan kreativitas siswa Seni Tari Kipas Pakarena melalui model Project Based Learning telah mengalami peningkatan dengan menggunakan penilaian kinerja. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan presentase keberhasilan kreativitas siswa. Pada pra siklus nilai rata-rata hanya 59, siklus I nilai rata-rata kelas 70, dan siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 88. Selain itu presentase ketuntasan kreativitas pada pra siklus 20,70%, sedangkan pada siklus I mendapatkan 63,1%, dan pada penelitian siklus II mampu mencapai 86,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Viviviagust98@gmail.comD97216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kreativitas; Seni Tari Kipas Pakarena; Model Project Based Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: VIVI AGUSTINA
Date Deposited: 13 Aug 2020 12:49
Last Modified: 13 Aug 2020 12:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42332

Actions (login required)

View Item View Item