Manajemen pembiayaan pendidikan melalui program bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MA Darusslam Deru Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulloh, Rahmat (2020) Manajemen pembiayaan pendidikan melalui program bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MA Darusslam Deru Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmatulloh_D03216030.pdf

Download (1MB)

Abstract

pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Setiap madrasah dituntut untuk mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah.Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara sekilas yang peneliti lakukan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Madrasah aliyah darussalam bojonegoro karena ada keunikan yang menarik bahwa meskipun sekolah tersebut berada di pinggiran desa yang belum mempunyai lahan yang cukup luas, tetapi memiliki program sekolah khususnya di bidang ekstrakurikuler lumayan banyak dengan menggunakan dana dari pemerintah yakni BOS. Akan tetapi berdasarkan hasil pengamatan selanjutnya terlihat manajemen keuangan di madrasah ini masih perlu dikembangkan dana bantuan dari pemerintah yang diberikan pada madrasah agar bisa memaksimalakan program program madrasah .Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian secara mendalam terkait dengan manajemen pembiayaan pendidikan yang dilakukan oleh Madrasah tersebut dengan melihat bgaimana perencanaan, pembukuan, auditing . Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian ini sebagai berikut:1) Bagaimana perencanaannya,2) Bagaimana pelkasanaan pembukuan yang digunakan), 3) Bagaimana auditing yang dijalankan. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang berbentuk kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi, display dan verifikasi. Kemudian Uji keabsahan data menggunakan uji trianggulasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan di madrasah tersebut yaitu menentukan rencana anggaran, menentukan sumber dana, menyusun rencana kegiatan dan anggaran madrasah (RKAM). 2) Pembukuan menggunakan dua jenis kegiatan yaitu penerimaan dana dan pengeluaran dana. Model pembukuan yaitu model fishbone. Sedangkan jenis buku yang digunakan yaitu buku kas umum, buku pembantu pajak, buku pembantu bank, buku pembantu kas, buku pemasukan internal dan buku pengeluaran internal. 3) Auditing/ Pengawasan dilakukan dua arah yaitu pengawasan internal dan eksternal.
Kata Kunci : manajemen, pembiayaan, BOS

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulloh, Rahmatvirusrahmatvirus@gmail.comD03216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunhanunasrohah@uinsby.ac.id2010046801
UNSPECIFIEDMusthofa, Alialimusthofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Administrasi
Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Keywords: Manajemen; Pembiayaan; BOS.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahmat ulloh
Date Deposited: 13 Aug 2020 12:27
Last Modified: 13 Aug 2020 12:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42321

Actions (login required)

View Item View Item