Manajemen tenaga kependidikan pada Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Kurrotul (2020) Manajemen tenaga kependidikan pada Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurrotul Ainiyah_D03216013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen tenaga kependidikan merupakan salah satu kegiatan terstruktur yang dilakukan oleh lembaga pendidikan diniyah formal (PDF) pondok pesantren syaichona moh cholil bangkalan. Peneitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) rekrutmen tenaga kependidikan, 2) pengembangan tenaga kependidikan, dan 3) pemberhentian dan penilaian tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan diniyah formal (PDF) pondokhpesantrendSyaichona Moh.dCholilgBangkalan. Peneliti menggunakan jenis penelitianykualitatif karena penelitian inigmembahas tentang bagaimana manajemen tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan diniyah formal (PDF). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Sehingga pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dan informasi yang melibatkan kepala satuan pendidikan diniyah formal, tenaga kependidikan serta tenaga pendidik pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) PondokgPesantrenrSyaichona Moh.eCholil Bangkalan sebagai sumber data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa manajemen tenaga kependidikan yang dilakukan diantaranya: 1) rekrutment yang dilakukan dengan beberapa proses melaui perencanaan, pengadaan kemudian penempatan/pembagian tugas terhadap tenaga kependidikan yang ada dengan menggunakan metode rekrutment internal, 2) pengembangan tenaga kependidikan yaitu setiap 2 bulan sekali mengikuti workshop yang diadakan oleh kemenag pusat yang bertempat di jabodetabek pada awal penerapannya ditahun 2016-2017, dan 3) penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan, penilaian terhadap tenaga kependidikannya meliputi penilaian input yaitu kepala satuan pendidikan diniyah formal (PDF) menilai bagaimana kemampuan tenaga kependidikan dalam menjalankanktugaskdan tanggungsjawabnya dalam sehari-harik sesuai jabatannya. Serta penilaian output yaitukpenilaian terhadap hasilkkerja yang dicapai dari pelaksanaanktugas, fungsi, dank tanggunghjawabnya. Sedangkan jenis pemberhentian yang pernah dilakukan yaitu pemberhentian atas permohonan atau keinginan dari tenaga kependidikan itu sendiri. Kemudian, pemberhentian sebab lain-lain, yakni pernah ada tenaga pendidik yang diberhentikan karena melanggar aturan yang ada di pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Kurrotulqurrotul363@gmail.comD03216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Manajemen; Tenaga Kepedidikan; Pendidikan Diniyah Formal (PDF)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KURROTUL AINIYAH
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:03
Last Modified: 12 Aug 2020 13:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42314

Actions (login required)

View Item View Item