Mitos Sendang Made dan maknanya bagi Masyarakat Desa Made Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riantini, Nugrahaning Diah (2020) Mitos Sendang Made dan maknanya bagi Masyarakat Desa Made Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nugrahaning Diah Riantini_E92216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini akan menjawab rumusan masalah tentang bagaimana sejarah mitos yang ada di Sendang Made dan juga apa saja mitos yang ada di Sendang Made? Selanjutnya, skripsi ini akan menjawab rumusan amsalah tentang bagaimana makna mitos Sendang Made bagi masyarakat Desa Made jika di analisis dengan teori Sakral Profan yang disampaikan oleh Mircea Eliade. Hal ini dilakukan sebab di era modern seperti saat ini, sangat sedikit masyarakat yang mempercayai adanya mitos. Oleh sebab itulah, mitos Sendang Made perlu di publikasikan sebagi bentuk pelajaran untuk masyarakat modern saat ini, bahwa mitos masih ada dan bahkan masih dilestarikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Sendang Made berasal dari nama Prabu Airlangga yang melarikan diri dari kerajaan Bali dan bersembunyi di Jombang, sekitar Gunung Pucang. Sehingga ketika sendang ini ditemukan, maka dinamakan Sendang Made yang berasal dari nama samaran Prabu Airlangga yaitu Made. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa di dalam Sendang Made terdapat tujuh sendang yang memiliki nama berbeda berdasarkan khasiatnya masing-masing. Ketujuh sendang tersebut adalah; Sendang Drajat, Sendang Sumber Payung, Sendang Kemulyan, Sendang Gede, Sendang Condong, Sendang Pomben dan Sendang Pengilon. Ke tujuh sendang tersebut dimanfaatkan masyarakat seseuai dengan khasiat yang mereka miliki. Sehingga ketika masyarakat membutuhkan, masyarakat cukup mengambil seperlunya dan tidak mengambil semua atau secara berlebihan. Masyarakat juga melakukan ritual di Sendang Made, diantaranya yaitu kungkum sinden, nyadranan dan semedi. Masyarakat melakukan ritual guna mendekatkan diri dengan kekuatan supranatural yang mereka percayai menguasai Sendang Made. Ritual tersebut guna memuaskan spiritualitas diri mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riantini, Nugrahaning Diahnugrahaningdiah@gmail.comE92216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi.fu@yahoo.co.id2018096401
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Indonesia > Aliran Kepercayaan
Budaya - Agama
Adat
Keywords: Mitos; Sakral; Profan; Mircea Eliade
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Diah Nugrahaning
Date Deposited: 12 Aug 2020 09:23
Last Modified: 12 Aug 2020 09:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42312

Actions (login required)

View Item View Item