Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa rumah tanpa hak oleh pemerintah desa: studi masalah di Dusun Sarirejo RT.09 RW.03 Kecamatan Driorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Yuznia (2020) Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa rumah tanpa hak oleh pemerintah desa: studi masalah di Dusun Sarirejo RT.09 RW.03 Kecamatan Driorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuznia Anggraini_C92216139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang akan menjawab dua rumusan masalah yakni; Bagaimana praktik sewa menyewa rumah tanpa hak oleh Pemerintah Desa di Desa Bambe RT.09 RW.03 Kecamatan Driorejo Kabupaten Gresik, dan Bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap sewa menyewa rumah tanpa hak oleh Pemerintah Desa di Desa Bambe RT.09 RW.03 Kecamatan Driorejo Kabupaten Gresik?. Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan observasi dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif yaitu teknik analisa dengan cara menggambarkan data apa adanya, dalam hal ini tentang sewa-menyewa di Dusun Sarirejo RT.09 RW.03 dilakukan oleh pengurus Dusun Sarirejo tanpa hak, akan dianalisis menggunakan teori Ijarah dan Ihya al mawat untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Data penelitian menyimpulkan dua hal bahwa; pertama, Praktik sewa-menyewa di Dusun Sarirejo RT.09 RW.03 Desa Bambe dilakukan oleh pengurus Dusun Sarirejo dengan menyewakan dua rumah kosong yang ditinggal pergi (minggat) oleh pemiliknya, Ibu Evi dan Ibu Atik pada tahun 2003 dan tanpa diketahui oleh Pemerintah Desa Bambe. Disewakan kepada warga sebagai kontrakan dengan harga Rp. 1.200.000/tahun dan kos-kosan dengan harga Rp. 150.000/bulan untuk satu kamar untuk menambah pendapatan kas Dusun Sarirejo; kedua, Jika dianalisis berdasarkan teori ija>rah, maka praktik sewa menyewa tersebut dapat dinyatakan tidak sah karena salah satu syaratnya tidak terpenuhi, yakni syarat manfaat atas barang berupa rumah bukan milik Pemerintah Dusun Sarirejo dan tanpa seizin pemilik rumah, dan bila dianalisis berdasarkan teori ihya al mawat, maka pada praktik pengambilalihan kepemilikan rumah tersebut dapat dinyatakan tidak sah. Dikarenakan tanah tersebut merupakan tanah milik Pemerintah Kabupaten Gresik karena termasuk dalam daerah sempadan sungai Kalimas. Adapun saran kepada pengurus Dusun Sarirejo RT.09 RW.03 Desa Bambe dalam hal ini mencoba mencari keberadaan si pemilik rumah ataupun anggota keluarganya untuk meminta izin sebagaimana layaknya agar diizinkan menyewakan rumah tersebut. Kepada Kepala Desa Bambe seharusnya juga mengetahui mengenai persewaan kedua rumah tersebut beserta alasan-alasan persewaannya dan manfaatnya bagi warga Dusun Sarirejo. Karena bagaimanapun juga keberadaan rumah tersebut berada diwilayah pemerintahan Desa Bambe dan dibutuhkan pula izin pemanfaatan lahan untuk kedua rumah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Yuzniayuzniaanggraini@gamil.comC92216139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Sewa menyewa; ihya al mawat; Ijarah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuznia Anggraini
Date Deposited: 13 Aug 2020 13:06
Last Modified: 13 Aug 2020 13:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42308

Actions (login required)

View Item View Item