Konsistensi kitab al-huda tafsir basa jawi karya Bakri Syahid terhadap kesetaraan gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardasari, Fitria Rizqi (2020) Konsistensi kitab al-huda tafsir basa jawi karya Bakri Syahid terhadap kesetaraan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
FITRIA RIZQI MARDASARI_E93216061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada dasarnya sebuah karya tafsir merupakan produk budaya yang lahir dari proses dialektika antara penafsir dengan kebudayaan yang melingkupinya. Gaya Bahasa dan metode pendekatan yang dipakai juga berbeda-beda, ada yang memakai Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, bahkan Bahasa lokal (daerah). Salah satu karya tafsir yang lahir dengan Bahasa Jawa adalah kitab al-Huda tafsir Basa Jawi karya Bakri Syahid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Bakri terhadap ayat-ayat yang terkait kesetaraan gender, serta konsistensi yang dimiliki Bakri dalam menafsirkan ayat-ayat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sumber datanya didapat dari kepustakaan (library research).
Tafsir al-Huda> merupakan sebuah produk yang lahir dari ulama lokal dari Jawa yang tentunya kental dengan nilai-nilai kultural budaya Jawa. Segi kultural tersebut akan mempengaruhi isi atau hasil penafsirannya, seperti halnya dalam menafsirkan ayat-ayat tentang wanita, dan implikasinya terhadap kesetaraan gender. Kitab ini memiliki keistimewaan yaitu terletak pada metode penulisan serta penjelasannya yang menggunakan bahasa Jawa, yang kemudian penafsirannya diletakkan di dalam footnote. Kitab ini merupakan tafsir kontemporer budaya Jawa yang bersifat kultural-kontekstual dan integratfi-onterkonektif. Pendekatan ini merupakan suatu usaha untuk menghargai adanya keilmuan umum dan agama, sadar adanya keterbatasan dalam memecahkan persoalan manusia, sehingga akan melahirkan kerjasama yaitu saling memahami pendekatan dan metode berfikir Antara dua keilmuan tersebut.

Kata Kunci: Konsistensi Penafsiran, Kesetaraan Gender, Bakri Syahid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardasari, Fitria Rizqifrizqimardasari@gmail.comE93216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulumamikhoirul93@yahoo.co.id197111021995032001
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Budaya Islam
Gender
Kebudayaan Jawa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: FITRIA RIZQI MARDASARI
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:01
Last Modified: 12 Aug 2020 06:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42300

Actions (login required)

View Item View Item