Kekerasan dalam perkawinan perspektif Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salik, Mohamad (2011) Kekerasan dalam perkawinan perspektif Al Quran. AL-AHWA: Jurnal Hukum Keluarga dan Kajian Keislaman, 3 (1). pp. 13-22. ISSN 2085-3637

[img] Text
Mohammad Salik_Kekerasan dalam Perkawinan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kasus tentang kekeraan dalam perkawinan secara luas terjadi di berbagai belahan dunia. Salah satu penyebab utama terjadinya hal tersebut adalah adanya persepsi yang memandang bahwa posisi pria lebih tinggi dari pada wanita. Hal ini bertentangan dengan prinsip-prinsip al-Qur`an. Al-Qur`an memandang bahwa semua manusia adalah sejajar, dan menolak segala bentuk kekerasan dan penindasan, terutama dalam rumah tangga. Sebenarnya, dari segala bentuk kekerasan dan penindasan, al-Qur`an dengan jelas tidak hanya menolak kekerasan dalam rumah tangga, tetapi juga segala bentuk kekerasan, terutama yang berkaitan dengan wanita. Oleh karena itu, semua yang mengarah kepada tindakan yang merugikan terhadap wanita adalah dilarang. Poligami, perceraian, ruju` dengan motif-motif negatif, perzinaan, pemerkosaan, dan segala yang menghancurkan nilai-nilai sakralitas perkawinan adalah dilarang oleh Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salik, Mohamadmohamadsalik1212@gmail.com2012126702
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Keywords: Al-Qur`an; kekerasan dalam perkawinan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Dr Mohammad Salik
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:09
Last Modified: 12 Oct 2021 16:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42280

Actions (login required)

View Item View Item