Halal promotion melalui Instagram dalam meningkatkan penjualan Pickit.Id Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akdami, Sabit (2020) Halal promotion melalui Instagram dalam meningkatkan penjualan Pickit.Id Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabit Akdami_G94216129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha untuk dapat meningkatkan penjualan. Namun dalam menghadapi fakta mengenai peluang dan potensi pasar tersebut banyak oknum yang menyalahgunakannya. Maraknya praktik-praktik penjualan yang menyimpang seperti kebohongan, kecurangan, penipuan, kezaliman, dan lain sebagainya. Dalam Islam segala sesuatu telah diatur termasuk dalam bermuamalah. Hal ini berarti dalam melakukan kegiatan promosi juga telah diatur etikanya. Pada penelitian skripsi yang berjudul "Halal Promotion melalui Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Pickit.id Kediri" ini, peneliti membahas mengenai penerapan halal promotion dan strategi halal promotion yang dilakukan oleh Pickit.id Kediri dalam meningkatkan penjualan. Penelitian yang dilakukan Pickit.id Kediri ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada penilitian ini yaitu Pickit.id Kediri telah menerapkan etika halal promotion dalam menjalankan promosinya melalui Instagram. Dengan tidak berlebihan dalam mempromosikan produk yang ditawarkan, memberikan informasi produk sesuai dengan kondisi aslinya, menjaga agar selalu memenuhi janji mulai dari pengiriman produk, pengumuman pemenang, barang atau voucer yang dijanjikan, menghindari menggunakan kata-kata manis dan berlebihan hanya untuk mendapatkan perhatian konsumen dan menjaga hubungan baik dengan para kompetitor. Adapun strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan Pickit.id Kediri yaitu dengan aktif dalam menggunakan Instagran sebagai media promosi, memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Instagram, dan sering memberikan diskon ataupun mengadakan give away. Dari hasil penelitian di atas diharapkan Diharapkan Pickit.id Kediri terus melakukan promosi dengan tetap menerapkan etika halal promotion. Serta dapat memanfaatkan fitur-fitur Instagram dengan maksimal dan menambah admin khusus untuk mengelola akun Instagram Pickit.id Kediri sehingga penggunaan Instagram sebagai media promosi dapat lebih dimaksimalkan. Dan untuk para perintis usaha dapat menangkap peluang dan memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan penjualannya dengan tetap menerapkan etika halal promotion.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akdami, Sabitsasasoranida@gmail.comG94216129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Promosi
Keywords: Halal Promotion; Instagram; Penjualan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sabit Akdami
Date Deposited: 11 Aug 2020 12:46
Last Modified: 11 Aug 2020 12:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42266

Actions (login required)

View Item View Item