Hubungan antara Aq (adversity quotient) dengan motivasi berprestasi pada siswa MTsN 8 Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiarto, Rendy Aditia (2020) Hubungan antara Aq (adversity quotient) dengan motivasi berprestasi pada siswa MTsN 8 Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rendy Aditia Setiarto_J71216125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa di Indonesia adalah rendahnya motivasi untuk berprestasi yang tercermin dari banyaknya siswa yang sering tidur dikelas ketika guru sedang menerangkan. Motivasi berprestasi merupakan usaha untuk menghapi tantangan, melatih kekuatan serta melakukan usaha untuk mengerjakan sesuatu sebaik mungkin dalam belajar. AQ (Adversity Quotient) merupakan suatu kompetensi yang dimiliki individu untuk mengendalikan atau mengatasi segala kesulitan menjadi kesempatan untuk dapat mencapai tujuan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 260 siswa dengan sampel menggunakan cluster random sampling sebanyak 90 siswa di MTsN 8 Madiun. Hasil uji linieritas menunujukkan nilai signifikansi 0.149 yang menunjukkan terdapat hubungan antara AQ dengan Motivasi Berprestasi pada siswa MTsN 8 Madiun. Pada uji hipotesis diperoleh angka 0.724 yang hasil positif sehingga semkain tinggi AQ siswa maka semakin tinggi pula motivasi berprestasinya. Pada uji Nilai rata-rata pada variabel motivasi berprestasi tertinggi pada kelas 9 sedangkan pada variabel AQ tertinggi pada kelas 7. Pada nilai rata-rata kedua variabel didapatkan hasil pada siswa yang menempuh jarak kurang dari 5km lebih tinggi dibanding yang lebih dari 5km.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiarto, Rendy Aditiarndyadts@gmail.comJ71216125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, S. Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Perilaku
Keywords: AQ; Motivasi Berprestasi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rendy Aditia Setiarto
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:12
Last Modified: 11 Aug 2020 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42262

Actions (login required)

View Item View Item