Implementasi evaluasi mata pelajaran pendidikan agama islam berbasis android di kelas VII A SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Atlifa Diara (2020) Implementasi evaluasi mata pelajaran pendidikan agama islam berbasis android di kelas VII A SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Atlifa Diara Hakim_D91216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ingin mengkaji beberapa permasalahan, yaitu (1) perencanaan implementasi evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Android, (2) pelaksanaann implementasi evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Android, (3) hasil implementasi evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Android, (4) hambatan-hambatan yang dihadapi pesertaa didikk dalam evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam berbasis android di kelas VII A SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menempuh tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi data. Atau peer debriefing yaitu dosen pembimbing dapat dilibatkan untuk mengkritisi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan yang dilakukan adalah mempersiapkan sarana dan prasarana, membuat soal dan kunci jawaban, upload soal di halaman ujian dan mengaturnya sesuai dengan jadwal pelaksanaan ujian. (2) Pelaksanaan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis android adalah siswa masuk pada halaman ujian menggunakan username dan kata sandi yang telah mereka miliki. Smartphone yang mereka gunakan wajib menyambungkan ke Wi-Fi yang telah disediakan sekolah. Setelah selesai mengerjakan, hasil ujian akan otomatis dapat diketahui secara langsung oleh guru maupun siswa. Kendala yang dijumpai selama pelaksanaan ujian adalah jaringan Wi-Fi yang tidak stabil menyebabkan siswa kesulitan masuk pada halaman ujian. Ada juga siswa yang membawa lebih dari satu perangkat smartphone yang digunakan untuk mencontek saat ujian. (3) Hasil dari evaluasi mata pelajaran berbasis android adalah nilai ujian bisa diketahui dengan cepat sehingga menghemat waktu guru dalam mengkoreksi. Sekolah juga tidak perlu menyediakan perangkat ujian karena sebagian besar siswa sudah memiliki smartphone. Nilai siswa kelas VII A juga cukup memuaskan karena sudah melampau KKM. (4) Hambatan yang dihadapi peserta didik adalah susahnya masuk pada halaman ujian. Siswa yang belum terbiasa belum terbiasa menghadapi evaluasi berbasis android, mereka banyak bertanya kepada pengawas karena masih bingung cara agar terhubung ke dalam ujian berbasis android ini. Ada juga sebagian peserta didik yang tidak hafal username dan password ujian sehingga harus melihatnya di kartu peserta atau di mading kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Atlifa Diaraatlifadiara@gmail.comD91216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Evaluasi Mata Pelajaran; Pendidikan Agama Islam; Android.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atlifa Diara hakim
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:39
Last Modified: 11 Aug 2020 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42250

Actions (login required)

View Item View Item