Pengaruh pengetahuan terhadap minat zakat profesi dengan sikap sebagai variabel moderating: studi kasus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rekardini, Anggik (2020) Pengaruh pengetahuan terhadap minat zakat profesi dengan sikap sebagai variabel moderating: studi kasus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggik Rekardini_C07216003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh pengetahuan terhadap minat zakat profesi, dan apakah sikap dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara pengetahuan terhadap minat zakat profesi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian survey, dimana data dan informasi dikumpulkan guna memperoleh data yang dapat memberikan penjelasan mengenai kesesuaian korelasi antara pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap minat dalam melaksanakan zakat profesi dengan media kuesioner. Sampel yang diambil berjumlah 87 responden dengan menggunakan teknik probability sampling kemudian cara penarikan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Peneliti melakukan beberapa uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda moderating, kemudian uji t (parsial), dilanjut dengan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang didapatkan melalui hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (X1) mengenai zakat mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap minat (Y) membayar zakat profesi.Hal ini telah dibuktikan bahwa variabel pengetahuan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka pengetahuan mempunyai pengaruh terhadap minat membayar zakat profesi.Hasil uji t (parsial) yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel X2 (sikap) terhadap variabel Y (minat). Disisi lain pada uji regresi linear diperoleh nilai r square persamaan yang pertama antara variabel X1 (pengetahuan) terhadap variabel Y (minat) yaitu sebesar 0,430 dan persamaan kedua antara variabel X1 (pengetahuan) terhadap variabel Y (minat) dengan variabel moderasi X2 (sikap) yaitu sebesar 0,511. Yang berarti bahwa terdapat peningkatan dari persamaan pertama ke persamaan kedua, hal ini juga berarti bahwa variabel moderasi sikap (X2) dapat memperkuat pengaruh antara variabel pengetahuan (X1) terhadap variabel minat (Y) zakat profesi studi kasus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan bagi para Dosen yang belum mengetahui mengenai zakat khususnya zakat profesi bisa langsung berkonsultasi dengan UPZ UINSA. Atau pihak UPZ UINSA bisa melakukan sosialisasi bagi para Dosen khususnya Dosen dari Fakultas umum yang kebanyakan masih belum terlalu mengetahui tentang zakat profesi. Bagi civitas akademika, Dosen, maupun mahasiswa turut berpartisipasi dalam menjaga pengelolaan UPZ UINSA yang dirasa masih baru berdiri. Dan untuk peneliti selanjutnya diharap sebaiknya menambahkan variabel lain untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi minat zakat profesi Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rekardini, Anggikanggik.rekardini@gmail.comC07216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@gmail.com2005098202
Subjects: Perilaku
Zakat
Keywords: Pengetahuan; Zakat profesi; Variabel moderating
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Anggik Rekardini
Date Deposited: 10 Aug 2020 12:20
Last Modified: 10 Aug 2020 12:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42244

Actions (login required)

View Item View Item