Peran Nazir dalam optimalisasi pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif: studi kasus di Masjid Al-Hidayah Desa Candikuning II Baturiti Bali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lubabah, Fairuz Nada (2020) Peran Nazir dalam optimalisasi pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif: studi kasus di Masjid Al-Hidayah Desa Candikuning II Baturiti Bali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Srabaya.

[img] Text
Fairuz Nada Lubabah_C07216009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran Naz}ir dalam optimalisasi pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif yang berada di Masjid Al-Hidayah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau survei pendahuluan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada ketua Naz}ir Masjid Al-Hidayah, Sekretaris, Bendahara, beberapa anggota Naz}irdan Ta’mir Masjid Al-Hidayah. Hasil penelitian mengenai peran Naz}ir dalam optimalisasi pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Masjid Al-Hidayah belum optimal dalam mengelola dan mengembangan wakaf produktif. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis yakni: beberapa rencana atau target belum dilaksanakan, minimnya sumber daya manusia yang dimiliki, belum diadakannya pelatihan khusus untuk para Naz}ir dalam hal mengelola dan mengembangkan wakaf, kurang diperhatikannya pengawasan oleh ketua Naz}ir dan masyarakat sekitar. Adapun saran dari peneliti diharapakan bagi Naz}ir wakaf produktif Masjid Al-Hidayah dalam mengelola dan mengembangkan wakaf produktif menjalin kerjasama yang lebih baik dengan lembaga wakaf lainnya dalam rangka percepatan pengembangan wakaf produktif sehingga tujuan dan target yang ingin dicapai dapat terealisasi dalam bentuk nyata dan bagi Lembaga Wakaf Produktif Masjid Al-Hidayah diharap dapat mengadakan pelatihan yang tujuannya dikhususkan untuk upgrade skill atau pengetahuan Naz}ir agar lebih menyempurnakan kinerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lubabah, Fairuz NadaFnadalubabah@gmail.comC07216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Wakaf
Keywords: Peran Nazir; Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Fairuz Nada Lubabah
Date Deposited: 10 Aug 2020 10:27
Last Modified: 10 Aug 2020 10:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42242

Actions (login required)

View Item View Item