Implementasi program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah guru dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Tri Dewi (2020) Implementasi program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah guru dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Dewi Kusumawati_D03216036.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha pemerintah untuk mengembangkan kemampuan riset dalam dunia pendidikan telah dijalankan sejak tahun 2013, yaitu dengan meluncurkan Program Madrasah Riset yang telah diterapkan di beberapa madrasah di seluruh Indonesia. Madrasah Riset adalah madrasah yang mampu membudayakan kegiatan penelitian di lingkungan Madrasah baik oleh siswa atau guru dengan cara mengembangkan riset untuk menghasilkan temuan riset guna meningkatkan dan menambah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Salah satu lembaga pendidikan yang telah menerapkan riset di lingkungan madrasah adalah Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Guru dan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sekolah Riset menurut Mihye Won dan teori Sekolah Riset untuk Mengembangkan Kemampuan Ilmiah menurut John Dewey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Guru dan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan diterapkan dengan menjalankan program-program riset antara lain: Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja, Penyusunan RPP Berbasis Riset dan Study Banding.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, Tri Dewitridewi898@gmail.comD03216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Program Madrasah; Berpikir Ilmiah; Guru; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tri Dewi Kusumawati
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:36
Last Modified: 11 Aug 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42236

Actions (login required)

View Item View Item