Analisis teori antrian pada sistem pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan cabang Karimunjawa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurkholidah, Fatma (2020) Analisis teori antrian pada sistem pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan cabang Karimunjawa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatma Nurkholidah_H72216051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di perusahaan jasa berhubungan dengan fenomena antrian yaitu terjadinya ketidakseimbangan antara suatu sistem pelayanan dengan kebutuhan para pelanggan. Proses antrian diawali dengan datangnya para pelanggan di suatu fasilitas pelayanan tertentu, lalu menunggu pada suatu ba￾risan antrian ketika belum dilayani, dilayani dan kemudian meninggalkan fasilitas pelayanan tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui fenomena antrian terutama di tempat-tempat umum, seperti pada sistem pelayanan pemeriksaan dokumen dan pelayanan klaim dana di BPJS Ketenagakerjaan cabang Karimunjawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran kinerja sistem pelayanan yang ada di BPJS Ketenagakerjaan cabang Karimunjawa serta mengetahui solusi opti￾mal yang perlu diambil untuk mengurangi antrian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara observasi (pengamatan langsung). Hasil perhitungan dari ukuran kinerja sistem antrian pada pemeriksaan dokumen sebagai berikut: tingkat kegunaan fasilitas (ρ) yaitu dengan nilai terkecil 0.4293 dan nilai terbesar yaitu 0.8095, banyaknya pelanggan yang berada pada sistem antrian (Lq) dengan nilai terkecil yaitu 0 dan terbanyak 3 orang, waktu menunggu dalam antrian (Wq) yaitu dengan nilai terkecil 1.3517 menit dan nilai terbesar yaitu 13.6278 menit, banyaknya pelanggan yang berada pada sistem (Ls) yaitu dengan nilai terkecil 1 orang dan terbesar 4 orang, dan waktu menunggu dalam sistem (Ws) yaitu dengan nilai terkecil 0.7522 menit dan nilai terbesar 16.8350 menit. Sedangkan hasil perhitungan ukuran kinerja sistem antrian pada klaim dana sebagai berikut: tingkat kegunaan fasilitas (ρ) yaitu dengan nilai terkecil 0.5709 dan nilai terbesar yaitu 0.9483, banyaknya pelanggan yang berada pada sistem antrian (Lq) dengan nilai terkecil adalah 1 orang dan terbesar yaitu 17 orang, waktu menunggu dalam antrian (Wq) yaitu dengan nilai terkecil 4.6060 menit dan nilai terbesar yaitu 88.8513 menit, banyaknya pelanggan yang berada pada sistem (Ls) yaitu dengan nilai terkecil yaitu 2 orang dan terbesar yaitu 19 orang, dan waktu menunggu dalam sistem (Ws) yaitu dengan nilai terkecil 14.0579 menit dan nilai terbesar 98.6075 menit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurkholidah, Fatmanurkholidahfatma@gmail.comH72216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Antrian; BPJS ketenagakerjaan; Poisson.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Fatma Nurkholidah
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:04
Last Modified: 10 Aug 2020 05:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42235

Actions (login required)

View Item View Item