Analisis hukum Islam terhadap tanggung jawab bimbingan agama keluarga dalam kepemimpinan suami muallaf : studi kasus di desa Kendung kecamatan Kedungadem kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dalia, Ula Wardah (2020) Analisis hukum Islam terhadap tanggung jawab bimbingan agama keluarga dalam kepemimpinan suami muallaf : studi kasus di desa Kendung kecamatan Kedungadem kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ula Wardah Dalia_C91216131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab bagaimana seorang suami yang muallaf melakukan tanggung jawabnya dalam hal membimbing keluarganya terutama dalam membimbing agama.
Data penelitian ini di lakukan melalui wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode dekskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tanggung jawab yang dilakukan oleh suami muallaf di Desa Kendung Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro ini dilakukan bersama dengan dibantu istri, terutama dalam hal ibadah. Ibadah salah satunya adalah dengan mendirikan sholat sesuai dengan Al-Qur’an Surat At-Taha ayat 132 karena dengan menjalankan ibadah agar senantiasa terhindar dari api neraka sesuai dengan Al-Qur’an Surat At-Tahrim ayat 6. Dengan demikian tanggung jawab yang lain seperti mencari nafkah dilakukan sendiri oleh sang suami. Namun dengan demikian apa yang dilakukan oleh suami dengan dibantu istri ini tidak menyalahi hukum Islam, karena di dalam islam siapapun dalam konteks ini suami istri yang mempunyai ilmu lebih wajib untuk membantu satu sama lain sesuai dengan surat Al-Ashr yang wajib saling menasehati serta tolong menolong dalam kebaikan serta dalam kesabaran. Selain itu hal ini juga sesuai dengan Pasal 77 Kompilasi Hukum Islam Suami istri memikul kewajiban yang luhur untuk mengakkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah yang menjadi sendi dari susunan masyarakat. Jadi, suami istri harus saling membantu satu sama lain dalam mengerjakan pekerjaan rumah, belajar tentang agama dan lain sebagainya. Seperti halnya mengerjakan amal shaleh seperti bersedekah dan juga berzakat. Karena sejatinya suami istri adalah pasangan yang saling membutuhkan satu sama lain, serta setiap suami dan istri adalah pelengkap bagi pasangannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dalia, Ula Wardahulawardahdalia@gmail.comC91216131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Bimbingan
Hukum Islam
Perkawinan
Keywords: Keluarga; Bimbingan Keluarga; Muallaf.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ula Wardah Dalia
Date Deposited: 08 Aug 2020 05:48
Last Modified: 15 Aug 2020 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42209

Actions (login required)

View Item View Item