Pengaruh pengelolaan sumber daya pendidik terhadap budaya kerja produktif di SMP Negeri 1 Garum Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Destiani, Nina (2020) Pengaruh pengelolaan sumber daya pendidik terhadap budaya kerja produktif di SMP Negeri 1 Garum Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Destiani_D93216083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pengelolaan sumber daya pendidik terhadap budaya kerja produktif di SMP Negeri 1 Garum Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu pengelolaan sumber daya pendidik sebagai variabel x dan budaya kerja produktif sebagai variabel y. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Garum Blitar dengan responden sebanyak 58 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui angket yang dibagikan kepada seluruh responden. Untuk memperkuat hasil angket yang telah dibagikan, peneliti juga melakukan wawancara. Kemudian, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk setiap butir item dalam angket. Uji validitas yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus Product Moment sedangkan untuk uji reliabilitas digunakan rumus Croncbanch’s Alpha. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana, dimana dalam analisis tersebut terdapat uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dalam penelitian ini untuk melakukan uji normalitas dan uji linearitas digunakan dengan bantuan software SPSS IBM 21. Setelah dilakukan analisis, ditemukan bahwa pengelolaan sumber daya pendidik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya kerja produktif sebesar 47%. Melalui uji regresi linear sederhana didapat persamaan rumus Y = 25,893 + 0,610X, sehingga apabila terdapat kenaikan pada variabel pengelolaan sumber daya pendidik akan menyebabkan naiknya variabel budaya kerja produktif. Hal itu juga berlaku untuk sebaliknya, dimana jika variabel pengelolaan sumber daya pendidik menurun juga akan menyebabkan menurunnya variabel buadaya kerja produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Destiani, Ninaninadestiani.15@gmail.comD93216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Budaya Organisasi
Manajemen Pendidikan
Manajemen Personalia
Keywords: pengelolaan sumber daya pendidik; budaya kerja produktif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nina Destiani
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:14
Last Modified: 07 Aug 2020 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42178

Actions (login required)

View Item View Item