Diseminasi konsep Jihad dan Hijrah di kalangan Komunitas Go Hijrah Surabaya dalam perspektif sosiologi pengetahuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad Rinaldi, Ahmad (2020) Diseminasi konsep Jihad dan Hijrah di kalangan Komunitas Go Hijrah Surabaya dalam perspektif sosiologi pengetahuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rinaldi_E91216049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jihad ialah sebagai usaha mencapai tujuan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Hijrah artinya berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Berjihad layaknya seseorang memerangi pemerintah dan sampai mengebom bunuh diri, bagi komunitas Go Hijrah tidak dibenarkan. Mereka beranggapan bahwa pemerintah tidaklah perlu untuk ditentang, sebab Negara Indonesia sudah memfasilitasi segala keperluan untuk Islam. Fasilitas yang dimaksud ialah lembaga yang menaungi Islam, hukum Islam dan segala permasalahan umat semua dijamin oleh pemerintah. Komunitas Go Hijrah mengartikan perpindahan untuk memperoleh keselamatan atau kehidupan yang lebih baik pada hijrah. Komunitas ini mengontekskan kalimat tersebut dengan semangat zaman sekarang. Mereka mengartikan perpindahan bukanlah perpindahan secara harfiah sebagai perpindahan tempat, akan tetapi perpindahan ini disematkan kepada prilaku. Adapun permasalahan penting yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana jihad dan hijrah yang diajarkan di Komunitas Go Hijrah? (2) Bagaimana diseminasi konsep jihad dan hijrah dikalangan komunitas Go Hijrah dalam perspektif sosiologi pengetahuan? Melalui penelitian ini, penulis akan mencoba untuk meneliti konsep Jihad dan Hijrah di Komunitas Go Hijrah Surabaya. Menggunakan teori Sosiologi Pengetahuan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) maka proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan anggota Komunitas Go Hijrah Surabaya. Dari hasil wawancara kemudian diolah dengan teori Sosiologi Pengetahuan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, bagi komunitas Go Hijrah dalam memaknai jihad dan hijrah ialah hijrah sebagai sarana jihad di zaman sekarang. Hal ini tidak lepas dari makna hijrah yang artinya perpindahan menuju jalan yang lebih baik. Kedua, makna jihad dan hijrah jika ditinjau dari sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Mannheim mengklasifikasikan makna prilaku daripada tindakan sosial menjadi tiga macam makna yaitu objektif, ekspresif dan dokumenter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad Rinaldi, AhmadUNSPECIFIEDE91216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji-2027096201
Subjects: Sosiologi Islam
Keywords: Jihad; Hijrah; Sosiologi Pengetahuan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Rinaldi
Date Deposited: 06 Aug 2020 13:43
Last Modified: 06 Aug 2020 13:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42171

Actions (login required)

View Item View Item