Analisis penentuan komoditas unggulan sektor pertanian dalam meningkatkan daya saing ekonomi Kabupaten Bondowoso tahun 2014-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absyari, Nurul Hikmah (2020) Analisis penentuan komoditas unggulan sektor pertanian dalam meningkatkan daya saing ekonomi Kabupaten Bondowoso tahun 2014-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hikmah Absyari_G71216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komoditas unggulan sektor pertanian di Kabupaten Bondowoso (1) Subsektor tanaman pangan yaitu padi, bawang merah, kentang, cabai besar, cabai kecil, labu siam, rambutan dan jahe, (2) Subsektor perkebunan yaitu kapuk randu, cengkeh, kopi dan tebu, (3) Subsektor peternakan yaitu sapi potong, kuda dan itik, (4) Subsektor perikanan yaitu produksi ikan dari perairan lahan bebas, (5) Subsektor kehutanan yaitu kayu jati. Sedangkan komoditas unggulan sektor pertanian yang dapat dikembangkan dalam meningkatkan daya saing ekonomi di Kabupaten Bondowoso adalah komoditas yang berpotensi untuk melakukan ekspor (1) Subsektor tanaman pangan yaitu komoditas padi, bawang merah dan jahe, (2) Subsektor perkebunan yaitu komoditas kopi dan tebu, (3) Subsektor peternakan yaitu peternakan sapi potong (4) Subsektor perikanan yaitu hasil produksi dari perairan lahan bebas, (5) Subsektor kehutanan yaitu komoditas kayu jati. Dari hasil penelitian ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Bondowoso kedepannya agar lebih dapat memaksimalkan potensi sektor pertanian melalui inovasi dan kreativitas serta skill dalam pengelolaan lahan pertanian. Tujuannya adalah meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan menghasilkan nilai tambah atau added value pada komoditas sektor pertanian di Kabupaten Bondowoso.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absyari, Nurul Hikmahnurulhikmah0406@gmail.comG71216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Keywords: Komoditas Unggulan Sektor Pertanian; LQ; DLQ; Gabungan LQ dan DLQ.a.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nurulhikmah Absyari
Date Deposited: 06 Aug 2020 12:34
Last Modified: 06 Aug 2020 12:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42158

Actions (login required)

View Item View Item