Kajian Literasi Keuangan Syariah terhadap Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmayanti, Siti Alfia Ayu (2020) Kajian Literasi Keuangan Syariah terhadap Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alfia Ayu Rohmayanti_G94216132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kajian Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Timur” yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang analisis tingkat literasi keuangan syariah melalui pemahaman financial knowledge, financial attitude dan financial behavior dari masing – masing UMKM yang dijadikan informan.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu UMKM binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur atau yang disebut WUBI (Wirausaha Unggulan Bank Indonesia) serta dari pihak Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur yang bertugas pada fungsi pemberdayaan UMKM yaitu konsultan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah memahami faktor apa saja yang mempengaruhi UMKM untuk mengetahui dan mempraktekkan ilmu dari literasi keuangan syariah yang hal tersebut juga merupakan bagian dari misi Bank Indonesia dalam Cetak Biru Ekonomi dan Keuangan Syariah. Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan syariah sekaligus sebagai jalan untuk mempermudah UMKM meningkatkan usahanya sehingga mencapai ekonomi yang berdaya Selain itu penerapan literasi keuangan syariah tidak sekedar dalam hal pengetahuan mengenai lembaga keuangan syariah (financial knowledge) saja tetapi juga dalam kepercayaan (financial Attitude) serta penerapan usaha (financial behavior) khususnya pengelolaan keuangan berdasarkan syariah. Dalam konteks pembangunan literasi keuangan syariah dapat diartikan bahwa konsumen produk dan jasa keuangan syariah maupun masyarakat luas diharapkan tidak hanya mengetahui dan memahami lembaga jasa keuangan syariah serta produk dan jasa keuangan syariah , melainkan juga dapat mengubah atau memperbaiki perilaku masyarakat dalam pengelolaan keuangan secara syariah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmayanti, Siti Alfia AyuAayurohmayanti@gmail.comG94216132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andriandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Literasi Keuangan Syariah; Pemberdayaan Ekonomi; Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Alfia Ayu Rohmayanti
Date Deposited: 07 Aug 2020 08:49
Last Modified: 07 Aug 2020 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42155

Actions (login required)

View Item View Item