Analisis teori darurah terhadap praktik jual beli Organ Kalong untuk pengobatan di Jalan Gubeng Klingsingan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Disainda Putri (2020) Analisis teori darurah terhadap praktik jual beli Organ Kalong untuk pengobatan di Jalan Gubeng Klingsingan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Disainda Putri Ramadhanti_C92216152.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam mengumpulkan data yang ada, yakni melalui observasi, wawancara dengan beberapa pihak yang terkait, dan pengumpulan dokumentasi yang selajutnya, data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu tentang praktik jual beli organ kalong untuk pengobatan di jalan Gubeng Klingsingan Surabaya. Kemudian output dari analisis pada penelitian ini berpijak pada teori darurah. (1) Dalam praktik jual beli di jalan Gubeng Klingsingan Surabaya, ditemukan suatu praktik jual beli obat asma yang berasal dari bahan hati hewan kalong yang memiliki taring dan kuku yang tajam. Pelaku konsumen yang membeli dan mengkonsumsi obat asma dari hati kalong tersebut merupakan penderita penyakit asma yang parah dan sukar disembuhkan melalui tenaga medis (kedokteran). Sehingga, mereka lebih memilih untuk membeli dan mengkonsumsi obat asma dari hati kalong tersebut demi untuk menyelamatkan nyawanya. (2) Apabila ditinjau dari salah satu teori kaidah fiqhiyyah, yakni teori darurah, demi mempertahankan hidup, menyelamatkan nyawa dan dalam keadaan mendesak (bahaya), dimana nyawa seseorang penderita asma yang menjadi taruhannya, maka diperbolehkan dalam melakukan sesuatu yang sebelumnya terlarang (haram) oleh syari’at Islam. Tetapi harus dilakukan sesuai dengan kadar (takaran/ukuran) kebutuhan darurah tersebut. Dalam melaksanakan jual beli di kehidupan sehari-hari, masyarakat harus lebih memperhatikan apa yang menjadi rukun dan syarat yang telah ditentukan oleh syari’at Islam dan harus dipenuhi, agar mendapatkan manfaat dan keseimbangan antara kedua belah pihak penjual dan pembeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Disainda Putridisaindaputri115@gmail.comC92216152
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Bahan Obat
Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Organ Hewan; Pengobatan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Disainda Putri
Date Deposited: 06 Aug 2020 07:22
Last Modified: 06 Aug 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42142

Actions (login required)

View Item View Item