Implementasi program keluarga harapan di Desa Betoyokauman Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islahiyah, Mu'akifatun (2020) Implementasi program keluarga harapan di Desa Betoyokauman Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mu'akifatun Islahiyah_I71216044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan dan faktor-faktor yang menyebabkan implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman tidak sesuai aturan serta penilaian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terhadap Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Sehingga tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Kelarga Harapan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didasarkan pada teori Van Metter dan Van Horn, tentang implementasi kebijakan meliputi bentuk-bentuk tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan keputusan kebijaksanaan. Subyek penelitian ini meliputi Dinas Sosial, Perangkat Desa Betoyokauman, Pendamping Program Keluarga Harapan dan Masyarakat Desa Betoyokauman. Hasil penelitian ini ada tiga : (1) Implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik ini dapat terlaksana dengan baik dan mendapat tanggapan yang baik dari sebagian besar masyarakat. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun tidak begitu besar dan masih dapat ditemukan solusinya. (2) Realita di lapangan menunjukkan bahwa kendala yang menyebabkan Program Keluarga Harapan tidak sesuai aturan yakni disebabkan oleh dua faktor : yakni komunikasi yang tidak baik antara Dinas Sosial dengan Perangkat Desa terhadap validasi data Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman serta kurangnya controlling dari Dinas Sosial ke Desa Betoyokauman. Dari kedua faktor tersebut, menyebabkan Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman masih belum bisa terealisasikan dengan maksimal sesuai dengan Permensos RI No.1 Tahun 2018. (3) Penilaian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terhadap Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman yakni bisa dilihat bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan memiliki penilaian yang positif tentang Program Keluarga Harapan di Desa Betoyokauman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islahiyah, Mu'akifatunislahiyah9698@gmail.comI71216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Keluarga
Masyarakat
Politik
Keywords: Kebijakan; Program Keluarga Harapan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mu'akifatun Islahiyah
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:45
Last Modified: 13 Aug 2020 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42104

Actions (login required)

View Item View Item