MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMA ASSA’ADAH SAMPURNAN BUNGAH GRESIK

Mu’id, Abdul (2014) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMA ASSA’ADAH SAMPURNAN BUNGAH GRESIK. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren yang dilakukan oleh kepala SMA Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik? (2) Bagaimanakah karakteristik manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren di SMA Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik?
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, pertama bahwa penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren yang dilakukan oleh Kepala SMA Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik meliputi empat tahapan yaitu tahap planning, organizing, actuating, dan contolling.
Dalam tahap planning (perencanaan) ini, kepala Kepala SMA Assa’adah melakukan hal-hal antara lain: (1) Mengadopsi konsep manajemen sekolah modern; (2) Melibatkan semua stakeholder dalam merencanakan konsep ke arah mana sekolah ini dikembangkan; (3) Memahamkan visi, misi, dan tujuan sekolah; (4) Memahamkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah; (5) Memahamkan simbol sekolah; (6) Memahamkan motto SMA Assa’adah.
Pada tahap organizing (pengorganisasian), kepala SMA Assa’adah melakukan hal-hal antara lain: (1) Pengorganisasian secara profesional dengan pengelompokan satuan kerja; (2) Pemerincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan stakeholder untuk mencapai tujuan sekolah; (3) Membagi beban pekerjaan para anggota organisasi secara total agar menjadi kegiatan yang relevan; (4) Mengkoordinasikan pekerjaan para guru, tata usaha, karyawan, dan pihak lain menjadi kesatuan yang terpadu dan harmonis.
Pada tahap actuating (pelaksanaan) ini kepala SMA Assa’adah melakukan hal-hal antara lain: (1) Menciptakan komunikasi yang efektif di lingkungan SMA Assa’adah; (2) Komitmen dalam melaksanakan artikulasi, visi, misi, dan nilai-nilai sekolah; (3) Memotivasi seluruh staf dan menciptakan lingkungan yang kondusif; (4) Mengeliminir resistensi; (5) Bersikap dinamis dalam pelaksanaan berbagai macam program pendidikan.
Adapun pada Tahap Pengawasan (Controlling) ini, kepala SMA Assa’adah melakukan hal-hal antara lain: (1) Penetapan standar pelaksanaan; (2) Penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan; (3) pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata; (4) Pembandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan-penyimpangan; dan (5) Pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan.
Temuan yang kedua bahwa karakteristik manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren di SMA Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik antara lain: (1) Memiliki keikhlasan yang tinggi dalam beramal; (2) Berdedikasi yang tinggi dalam berjuang; (3) Memiliki disiplin yang tinggi; (4) Menjalankan amanah dengan baik; (5) Memiliki keberanian dalam melakukan inovasi; (6) Memiliki nilai unggul; (7) Memiliki keteladanan; (8) Menjalin silaturrahmi; (9) Menjalin baik hubungan kesejawatan; (10) Memiliki atensi yang tinggi dalam membangun komunikasi dengan staf; dan (11) Memberikan penghargaan yang tinggi terhadap prestasi kerja yang cakap.
Dari temuan di atas, penulis melihat bahwa penerapan pendidikan Islam berbasis pesantren yang dilakukan oleh kepala SMA tersebut dikategorisasikan sebagai manajemen “semi modern.” Indikatornya adalah manajemen yang dibangun di situ sudah melibatkan usaha secara profesional yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin dengan menjalin kerjasama dengan perbankan sebagai mitra kerjasama dalam bidang manajemen keuangan dan pengajian guru, dan karyawan di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik Jawa Timur. Selain itu, manajemen di sekolah itu memadukan antara manajemen ala kiai di pondok pesantren dengan manajemen modern yang sekarang ini dilakukan di dunia modern. Atau bisa disebut manajemen klasik dan manajemen modern

Email:
Item Type: Thesis (PhD)
Additional Information: Imam Bawani, Burhan Djamaluddin
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan Islam; Kepala Sekolah; Berbasis Pesantren
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen
Pendidikan Islam
Pesantren
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:01
Last Modified: 25 Sep 2017 10:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item