Aktualisasi konsep infaq dan sedekah juga implikasinya terhadap pertumbuhan bisnis serta ekonomi berkelanjutan : studi kasus CV. Konsep Global Media Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nisaa, Nur (2020) Aktualisasi konsep infaq dan sedekah juga implikasinya terhadap pertumbuhan bisnis serta ekonomi berkelanjutan : studi kasus CV. Konsep Global Media Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur An Nisaa_F52418166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik menyebutkan, dua tahun belakangan pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang mengalami trend penurunan. Karenanya perlu adanya langkah strategic untuk mempercepat pertumbuhan bisnis salah satunya dengan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui infaq dan sedekah perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Pada penelitian ini menggali entitas tunggal atau fenomena (kasus) dari suatu masa tertentu dan aktivitas (program, kejadian, proses, institusi atau kelompok sosial). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Aktualisasi infaq dan sedekah pada perusahaan; 2) Analisis faktor-faktor yang memberikan pengaruh pertumbuhan bisnis seiring dengan aktualisasi konsep infaq dan sedekah perusahaan; dan 3) Membuktikan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui infaq dan sedekah perusahaan dapat dinarasikan melalui kerangka berpikir ekonomi syariah kemudian dalam sklala yang lebih besar dapat memberikan dampak pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.Data diambil melalui metode observasi, wawancara dan dokumentas. Melalui penelitian ini memperoleh hasil: pertama, Atualisasi infaq dan sedekah perusahaan dapat dilakukan dengan 1) Persentase infaq dan sedekah dari item yang terjual; 2) Persentase infaq dan sedekah dari nett profit penjualan bulanan; dan 3) Infaq dan sedekah perusahaan secara insidentil. Kedua, Faktor Pertumbuhan Bisnis pada Aktualisasi Konsep Infaq dan Sedekah adalah 1) Invisible hand yang dipengaruhi oleh Multiple Effect infaq sedekah, niat, konsistensi dan komitmen yang melahirkan keberkahan; 2) Managemen human resource berkarakter dengan moral spiritual, kekeluargaan, dan edukasi; 3) Dukungan lingkungan. Ketiga, Perusahaan yang telah mengalami akselerasi pertumbuhan melalui infaq dan sedekah akan menaikkan perusahaan pada kelas skala sektor industri pada golongan yang lebih tinggi. Kemudian kebutuhan akan tenaga kerja yang semakin meningkat. Masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan atau yang memiliki daya beli yang rendah menjadi meningkat kemudian dampak jangka panjang kepada perusahaan adalah sangat memungkinkan masyarakat akan membeli produknya karena daya belinya telah meningkat. Usaha perusahaan dalam menyediakan tenaga kerja ini tanpa disadari juga masuk dalam kategori sedekah karena membantu orang lain dalam mencari nafkah dan dampaknya besar untuk kehidupan orang lain. Perusahaan telah tumbuh menjadi lebih besar akan meningkatkan kapasitas produksinya, harga jual juga akan menjadi murah. Hal ini juga termasuk sedekah karena harga yang terjangkau meringankan dan ragam produk lebih banyak sehingga kebutuhan pembangunan dengan menciptakan output produk yang lebih efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nisaa, Nurnuranisasignature@gmail.comF52418166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalfaishalhaq50@gmail.com2020055001
Thesis advisorSoebagyo, DjokoUNSPECIFIEDDLPS11
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi
Ekonomi Islam
Bisnis
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur An Nisaa
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:06
Last Modified: 03 Aug 2020 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42084

Actions (login required)

View Item View Item