Eksistensi nilai-nilai pendidikan islam dalam kegiatan pengabdian pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan (IKMAPAS) Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikhin, Muhammad (2020) Eksistensi nilai-nilai pendidikan islam dalam kegiatan pengabdian pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan (IKMAPAS) Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farikhin_D91216112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan nilai-nilai pendidikan Islam sangat penting dalam suatu organisasi. Karena nilai merupakan tolok ukur keberhasilan dari keberlangsungan kegiatan dan program kerja yang telah dirancang. Begitu juga dalam Ikatan Mahasiswa Pasuruan yang merupakan salah satu organisasi mahasiswa kedaerahan juga berupaya untuk menjaga eksistensinya, khususnya pada kualitas nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan pengabdian pesona ramadhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan konsep pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan (IKMAPAS) Surabaya, menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan serta implikasinya bagi masyarakat. Manfaat dari penelitian ini sebagai kemaslahatan bagi masyarakat dan khususnya anggota Ikatan Mahasiswa Pasuruan sehingga dapat dikembangkan apa yang menjadi nilai-nilai pendidikan tersebut dan membenahi apa yang masih kurang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan pesona ramadhan, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan tersebut. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan pengabdian pesona ramadhan Ikatan Mahasiswa Pasuruan (IKMAPAS) Surabaya terealisasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Nilai-Nilai Pendidikan Islam tersebut mencakup tiga nilai pendidikan Islam yaitu nilai aqidah seperti taat dan patuh pada Allah, tidak memaksakan agama, toleransi. Nilai ibadah seperti sholat, membaca al-Qur’an, mengajarkan ilmu. Nilai akhlak seperti saling menghormati, saling berbagi, dan ikhlas dalam beramal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikhin, Muhammadmfarikh09@gmail.comD91216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinmr.syaifuddin1@gmail.com2029116901
Subjects: Budaya Organisasi
Budaya - Agama
Organisasi Mahasiswa
Pengabdian Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Farikhin
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:32
Last Modified: 03 Aug 2020 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42083

Actions (login required)

View Item View Item