Pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pebelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah putra-putri Simo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najakha, Lailatun (2020) Pengaruh kegiatan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pebelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah putra-putri Simo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatun Najakha_D91216060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Kegiatan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran fiqih di Maddrasah Tsanawiyah Putra-Putri Simo Lamongan. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat yakni: bagaimana kegiatan ice breaking pada pembelajaran fiqih, bagaimana hasil belajar siswa, bagaimana pengaruh kegiatan ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajara Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Putra-Putri Simo Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode quasi eksperimen dimana dalam satu kelas kelas dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dimana kelompok kontrol tidak diberikan ice breakig sedangkan kelompok eksperimen diberikan ice breaking. Peneliti membuktikan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan kegiatan ice breaking dalam pembelajaran fiqih termasuk baik yantu mencapai nilai rata-rata 85. Hal ini juga bisa dilihat dari observasi aktivitas siswa yang di peroleh dari nilai rata-rata 82,5. Dari hasil tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik yaitu dengan nilai rata-rata 8,31 yang mengacu pada nilai raport. Dari data tes tulis siswa dapat dianalisis menggunakan product moment, didapatkan rxy = 0,67 tergolong berpengaruh sedang yang berpedoman pada tabel interpretasi product moment yang terletak antara 0,600 sampai dengan 0,800, dan untuk menguji apakah hipotesis pada oenelitian ini diterima atau di tolak, peneliti membandingkan nilai rxy = 0,67 dengan r tabel signifikasi 5% = 0,334 dan pada taraf signifikasi 1% = 0,442. Disini dapat dilihat bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai r tabel. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kegiatan ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Putra-Putri Simo Lamongan berpengaruh sedang yang mana dapat dilihat dari proses belajar siswa yang cukup aktif dan cara siswa mendengarkan penjelasan guru serta menerapkan kegiatan ice breaking pada pembelajaran fiqih tergolong baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najakha, Lailatunlailatunnajakha21@gmail.comD91216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Ice Breaking; Hasil Belajar; Pembelajaran Fiqih.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatun Najakha
Date Deposited: 06 Aug 2020 10:01
Last Modified: 10 Sep 2020 13:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42067

Actions (login required)

View Item View Item