Empat Sultanah dalam Kerajaan Aceh Darussalam (1641-1699 m)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baqi, Subkhana Adzim (2020) Empat Sultanah dalam Kerajaan Aceh Darussalam (1641-1699 m). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Subkhana Adzim Baqi_A92216151.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristic, verifikasi, interpretasi dan historiografi.Pendekatan yang digunkaan adalah pendekatan Historis dan Gender. Pendekatan Historis yaitu suatu langkah atau cara untuk merekontruksi dan menggambarkan suatu peristiwa di masa lampau secara sistematis dan objektif dengan menggunakan bukti-bukti sejarah yang ada. Pendekatan Gender yaitu suatu langkah atau cara untuk merekontruksi perbedaan konsep gender yang telah melahirkan perbedaan antar perempuan dan laki-laki. Sedangkan, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kepemimpinan yang dikembangkan oleh Max Weber dan teori konflik yang dikembangkan oleh Ralf Dahrendrof. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) para pemimpin Aceh sebelum masa sultanah terdaapat berbagai prestasi yang telah diraih diantaranya militer, politik, pemerintahan, ekonomi, perdagangan dan keagamaan. sedangkan sultan yang pernah memimpin sebelum masa para sultanah terdapat 13 sultan termasuk sultan yang masih berusia 7 bulan. 2) Proses pergantian para sultanah mengalami polemik kekuasaan yang terjadi diantara beberapa kelompok yang menyetujui kepemimpinan perempuan dan menolak kepemimpinan perempuan. Protes dari pihak oposisi mencapai klimaksnya pada masa sultanah terakhir, sehingga mereka dapat menggulingkan kepemimpinan para Sultanah Aceh.3) kepemimpinan keempat sulatanah tidak bisa mengembalikan kejayaan Aceh. Akan tetapi para sultanah mampu membawa Kerajaan Aceh menjadi pusat ilmu pengetahuan di kawasan Asia Tenggara karena mereka lebih unggul dari para sultan Aceh dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baqi, Subkhana AdzimSubkhanaadzim@gmail.comA92216151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu-196808062000031003
Subjects: Administrasi
Keywords: Kerajaan Aceh; Sultanah Aceh; Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Subkhana Adzim Baqi
Date Deposited: 01 Aug 2020 01:47
Last Modified: 01 Aug 2020 01:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42066

Actions (login required)

View Item View Item