Analisis implementasi manajemen organisasi dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di lembaga amil zakat infak dan sedekah (LAZIS) Muhammadiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Kholilah (2020) Analisis implementasi manajemen organisasi dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di lembaga amil zakat infak dan sedekah (LAZIS) Muhammadiyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
KHOLILAH ULFA_C07216013.rar

Download (2MB)

Abstract

Bagaimana pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah ditinjau dari manajemen organisasi di Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) Muhammadiyah Lamongan?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu untuk memperoleh informasi mengenai keadaan saat ini. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena menjelaskan tentang implementasi manajemen organisasi dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif, yaitu teknik analisis dengan cara memaparkan data apa adanya, dengan hal ini adalah data pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah. Kemudian dianalisis dengan teori manajemen organisasi berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pengelolaan yang dilakukan di LAZIS Muhammadiyah Lamongan yaitu adanya penghimpunan, pendistribusian serta pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah. Pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di LAZIS Muhammadiyah Lamongan juga telah berdasarkan empat prinsip yaitu independent, netral, tidak diskriminatif, dan tidak berpolitik praktis. Pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di LAZIS Muhammadiyah Lamongan secara manajemen organisasi hampir semua proses dijalani mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan meskipun ada beberapa kendala dalam proses penyelesaiannya. Diantaranya dalam proses pengorganisasian para amil, ada beberapa yang merupakan amil baru belum mengetahui sepenuhnya apa yang menjadi bagian atau tugasnya, itu disebabkan tidak adanya rekrutmen amil secara resmi. Saran bagi pembaca dapat diambil sisi positif dari adanya penelitian pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah di LAZIS Muhammadiya Lamongan memberikan keilmuan serta pengetahuan pengelolaan dan manajemen organisasi di suatu lembaga. Saran bagi LAZIS Muhammadiyah Lamongan agar terus memperbaiki segala kinerja pengelolaan zakat dan mematuhi undang-undang yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Kholilahkholilahulfa@gmail.comC07216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Zakat; Infak; sedekah;LAZIS.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ulfa Kholilah Ulfa
Date Deposited: 31 Jul 2020 10:20
Last Modified: 31 Jul 2020 10:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42056

Actions (login required)

View Item View Item