Jihad politik partai Keadilan Sejahtera: perspektif analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismawati, Dwiyana (2020) Jihad politik partai Keadilan Sejahtera: perspektif analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwiyana Ismawati_E21216093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan banyaknya yang salah dalam mengartikan arti jihad politik, disamping itu komitmen PKS terhadap NKRI masih terkesan abu-abu. Penulis akan mengkaji bagaimana Jihad Politik Partai Keadilan Sejahtera serta menganalisis Jihad Politik PKS dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis Teun Adrianus Van Dijk, yang terbagi menjadi tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dari segi teks, Jihad Politik Partai Keadilan Sejahtera, memiliki latar yang jelas bahwasanya perjuangan dalam pemerintahan ditujukan untuk ummat dan bangsa, dengan berlandaskan ajaran Islam. Bentuk kalimat yang lebih menekankan kalimat aktif dibandingkan pasif. Serta penggunaan katanya sangat jelas, terdapat beberapa ekspresi yang masih ragu dan terkesan masih ada yang disembunyikan. Dari segi kognisi sosial, dewan pengurus menyatakan bahwa jihad politik ini sudah sesuai dengan tujuan mereka yaitu berdasarkan Islam yang rahmatan lil alamin, meskipun identitas kader yang masih disembunyikan, beserta dengan syarat dan proses untuk bisa masuk menjadi anggota PKS. Sedangkan dari segi konteks sosial, banyaknya pernyataan yang menjurus bahwasannya PKS adalah kaki tangan dari Ikhwanul Muslimin, serta menginginkan sisten khilafah untuk tujuan negara. Namun, semua itu dapat ditutupi dengan berbagai tindakan dan pernyataan terhadap prinsip serta tujuan pemerintahannya yang sesuai dengan ideologi Pancasila, tetapi semua itu masih menimbulkan persepsi masyarakat terhadap Jihad Politik PKS, yang masih terkesan abu-abu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismawati, Dwiyanadwiyanaismawati@gmail.comE21216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Thesis advisorNurhayati, Aniek-2007096902
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Ilmu Komunikasi
Politik > Politik Islam
Keywords: Jihad Politik; Partai Keadilan Sejahtera; Analisis Wacana Kritis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Dwiyana Ismawati
Date Deposited: 29 Jul 2020 10:08
Last Modified: 29 Jul 2020 10:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42015

Actions (login required)

View Item View Item