Analisis hukum Islam dan PP no. 82 tahun 2012 terhadap transaksi pembelian makanan yang dilakukan driver GOJEK menggunakan OVO di PIZZA HUT Mulyosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Danista (2020) Analisis hukum Islam dan PP no. 82 tahun 2012 terhadap transaksi pembelian makanan yang dilakukan driver GOJEK menggunakan OVO di PIZZA HUT Mulyosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Danista Indriani_C92216093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam dan PP No. 82 Tahun 2012 terhadap Transaksi Pembelian Makanan yang dilakukan Driver Gojek Menggunakan OVO di PIZZA HUT Mulyosari”, ditulis dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah, yaitu 1. Bagaimanakah praktik pemesanan makanan melalui GOJEK dan praktik pembelian makanan yang dilakukan driver GOJEK dengan pembayaran menggunakan OVO di PIZZA HUT Mulyosari? 2. Bagaimanakah analisis Hukum Islam dan PP No. 82 Tahun 2012 terhadap transaksi pembelian makanan yang dilakukan oleh driver GOJEK menggunakan OVO di PIZZA HUT Mulyosari? Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara dan studi dokumentasi, semua data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu melakukan analisis terhadap praktik pembelian makanan yang dilakukan driver GOJEK dengan menggunakan ketentuan hukum Islam dan Fatwa DSN-MUI No.113/DSN-MUI/IX/2017 tentang wakālah bil ujraḥ dan PP No. 82 Tahun 2012 tentang PSTE untuk mengambil sebuah kesimpulan. Dalam praktik pemesanan makanan, customer harus memasukkan nomor telephone yang aktif pada aplikasi GOJEK, untuk langkah pemesanan makanan melalui fitur Go-Food customer bisa mengikuti langkah yang disediakan oleh aplikasi. Saat pemesanan di PIZZA HUT, driver melakukan pembayaran menggunakan OVO sehingga driver mendapatkan keuntungan lain yaitu cashback dari OVO, cashback tersebut didapat tanpa sepengetahuan customer. Dalam hukum Islam transaksi tersebut diperbolehkan karena akad antara driver dengan customer menggunakan akad wakālah sedangkan keuntungan yang didapat driver menggunakan akad jual beli dengan PIZZA HUT, sehingga keuntungan yang didapat dari pembelian tersebut diperbolehkan. Terkait tentang informasi yang ada di aplikasi GOJEK fitur Go-Food dalam PP No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik disebutkan bahwa dalam bertransaksi elektronik harus memenuhi 5 unsur, salah satunya unsur transparansi. Di dalam fitur Go-Food tidak dijelaskan terkait pembayaran di PIZZA HUT bisa menggunakan uang elektronik salah satunya OVO yang akan mendapatkan cashback, tetapi di resto PIZZA HUT memasang banner yang menjelaskan terkait pembayaran OVO bisa dilakukan dan mendapatkan cashback. Dari kesimpulan tersebut, penulis menyarankan kepada resto PIZZA HUT agar mencantumkan informasi terkait pembayaran uang elektronik di fitur Go-Food agar sesuai dengan kenyataan yang ada di resto. Hal ini dilakukan untuk memenuhi unsur dalam bertransaksi elektronik yang baik dan sesuai dengan aturan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Danistadanistaindriani42@gmail.comC92216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Ekonomi
Hubungan Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Keywords: PP No. 82 Tahun 2012 ; Gojek; OVO.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Danista Indriani
Date Deposited: 29 Jul 2020 07:17
Last Modified: 29 Jul 2020 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42011

Actions (login required)

View Item View Item