Menangkal radikalisme agama di Perguruan Tinggi: studi tentang kebijakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam mencegah perkembangan paham radikal di kalangan mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Imam (2020) Menangkal radikalisme agama di Perguruan Tinggi: studi tentang kebijakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam mencegah perkembangan paham radikal di kalangan mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Wahyudi_E91216035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini muncul dikarenakan maraknya permasalahan mengenai radikalisme agama yang berkembang dan menjadi fenomena tersendiri di kalangan masyarakat. Salah satu yang terkena dampaknya adalah dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Dimana mahasiswa menjadi sasaran utama terhadap paham radikalisme ini. Kebijakan perguruan tinggi merupakan sumber utama untuk membentuk karakter mahasiswa agar berada pada ajaran Islam yang moderat (tidak faham kanan ataupun faham kiri). Islam yang moderat adalah salah satu cara untuk meredam aliran radikal yang semakin berkembang di lingkungan kampus. Sehingga hal ini menjadi perhatian, khususnya dari Pemerintah dan Kementerian Agama. Kemudian yang perlu direspon adalah pendidikan di perguruan tinggi. Selanjutnya, Kementerian Agama pun mengundang para rektor PTKIN seluruh Indonesia di Kantor Kementerian Agama Pusat untuk membahas tentang solusi dalam mencegah perkembangan aliran radikal di pendidikan perguruan tinggi. Adapun hasilnya yaitu digagaslah dengan membentuk gerakan moderasi beragama. Kemudian, para rektor sepakat untuk melakukan semacam kajian. Sehingga saat ini sudah menghasilkan buku moderasi beragama dan penerapan rumah moderasi di perguruan tinggi PTKIN. Dalam hal ini, gunanya untuk menjadikan strategi penguatan dalam pencegahan aliran radikal di kalangan mahasiswa. Maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Menangkal radikalisme agama di perguruan tinggi: studi tentang kebijakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam mencegah perkembangan paham radikal di kalangan mahasiswa”. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui arah kebijakan Kementerian Agama dalam membangun moderasi beragama. Kedua, untuk mengetahui Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam menerapkan moderasi beragama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kemudian penulis menggunakan analisis deskriptif dalam menyajikan data-data tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: pertama, pemahaman keagamaan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sangatlah moderat, ditunjukkan dengan adanya kebijakan dari pihak rektor berupa kode etik mahasiswa, mengajarkan tentang Islam yang moderat. Kedua, penerapan moderasi beragama di UIN Sunan Ampel Surabaya, di antaranya: a. Mulai dari visi misi, dan pemaknaan Intergrated twin towers yang menjunjung nilai keislaman. b. Ma’had Al-Jami’ah sebagai pembentukan karakter keagamaan mahasiswa, bentuk programnya adalah santrinisasi, kajian kitab kuning, masjid dan public service, seperti adanya kultum setelah sholat dhuhur yang melibatkan para dosen sebagai pembicara. c. Menyampaikan materi-materi moderasi beragama di kalangan mahasiswa baru dalam kegiatan PBAK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, ImamWahyudiimam238@gmail.comE91216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.com2015098101
Subjects: Perguruan Tinggi
Radikal dan Radikalisme
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Radikalisme; Kebijakan; Moderasi beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Imam Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:58
Last Modified: 29 Jul 2020 11:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41994

Actions (login required)

View Item View Item