Media youtube sebagai arena reproduksi budaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurtama, Veninda Oktaviana (2020) Media youtube sebagai arena reproduksi budaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Veninda Oktaviana Nurtama_I73216085.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media sosial khusunya youtube dewasa ini sangat diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah komunitas Creator Surabaya sebuah komunitas yang menaungi youtuber atau kreator yang berdomisili di Surabaya. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana komunitas creator surabaya mereproduksi kebudayaan dan menampilkannya ke dalam kanal youtube mereka. Maka dari itu penelitian ini memiliki dua rumusan masalah pertama adalah apa yang melatar belakangi komunitas Creator Surabaya menjadikan youtube sebagai tempat arena reproduksi budaya. kedua, bagaimana cara komunitas Creator Surabaya mereproduksi budaya. Untuk menjawab dua rumusan penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif untuk memahami alasan mengapa banyak anggota komunitas yang ingin menjadi youtuber serta bagaimana cara komunitas dan individu memproduksi sebuah konten untuk kanal youtube mereka. Dalam proses pengumpulan data digunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori Arena Produksi Budaya Pierre Bordieu untuk menganalisis hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) ada dua alasan besar yang mendasari anggota komunitas Creator Surabaya yang pertama adalah karena ketenaran dan uang yang di dapat dari youtube yang dirasa cukup untuk menjadi penghasilan tambahan. Dan yang kedua adalah memang menyukai bidang video grafi, dan tempat untuk membagikan hobi. 2) komunitas creator Surabaya selalu mempersiapkan yang terbaik untuk memproduksi satu konten karena tidak ingin di anggap remeh oleh komunitas kota lain, mengingat konten yang di angkat oleh komunitas hampir sama dengan komunitas-komunitas lain. Hanya saja komunitas Creator Surabaya memasukan unsur kota Surabaya sebagai identitas bahwa mereka adalah kreator, youtuber asal kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurtama, Veninda Oktavianavenindaoktaviana@gmail.comi73216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Internet
Budaya
Keywords: YouTube; Reproduksi budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Veninda Oktaviana Nurtama
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:56
Last Modified: 29 Jul 2020 11:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41979

Actions (login required)

View Item View Item