Implementasi evaluasi diri sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Bayu Candra (2020) Implementasi evaluasi diri sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Candra Pamungkas_D93216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi evaluasi diri sekolah di SMA Negeri 1 Krembung, mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Krembung, dan implementasi evaluasi diri sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Krembung. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, dan komite sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Implementasi EDS di SMAN 1 Krembung dilaksanakan melalui 5 tahap, yakni pembentukan tim pelaksana EDS, sosialisasi ke seluruh stakeholders yang dilibatkan, pembagian dan pengisian instrumen isian EDS, analisa data hasil EDS, dan penyusunan rekomendasi hasil EDS; (2) Mutu Pendidikan di SMAN 1 Krembung sudah baik, pengukuran keberhasilannya dilihat dari akreditasi A yang diperoleh sekolah, prestasi siswa baik akademik maupun non-akademik, dan banyaknya lulusan sekolah yang diterima di perguruan tinggi.; dan (3) Implementasi EDS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Krembung dilakukan dengan tiga hal, yakni mengetahui seberapa baik kinerja sekolah melalui peta mutu sekolah, mengetahui bukti kinerja sekolah dilihat dari akreditasi sekolah yang diperoleh, data prestasi siswa, data lulusan sekolah, dan adanya kenaikan pada 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) dari tahun sebelumnya, dan tindak lanjut pengembangan sekolah dalam meningkatkan kinerjanya dilihat dari komitmen SMAN 1 Krembung dalam melaksanakan EDS secara konsisten dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Bayu Candrabayuchand24@gmail.comD93216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlisah, Mukhlisahmukhlisah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Evaluasi diri; Sekolah; Mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Bayu Candra Pamungkas
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:33
Last Modified: 28 Jul 2020 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41977

Actions (login required)

View Item View Item