Analisis Dale Cannon terhadap agama Adam pada Masyarakat Samin di Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Destyana Berlian (2020) Analisis Dale Cannon terhadap agama Adam pada Masyarakat Samin di Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Destyana Berlian Amalia_E92216047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data tersebut dirasa menjadi teknik paling sesuai pada penelitian ini. Di mana peneliti mewawancarai objek bahkan melakukan observasi guna mendapat data yang lebih mendalam. Sehingga, hasil data yang mendalam tersebut lebih mudah untuk dianalisis sesuai dengan teori yang dipilih oleh peneliti, yakni teori Dale Cannon – enam cara beragama. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa masyarakat Samin menganut agama Adam, yang beberapa ajarannya didominasi oleh ajaran perilaku hidup. Artinya agama Adam ini juga dapat dikategorikan sebagai agama dengan ajaran yang universal, yang mana ajaran ini juga dapat diterapkan pada agama dan suku manapun. Adapun ajaran dalam agama Adam yang diterapkan dan diturunkan pada anak cucu Samin di Bojonegoro, di antaranya: (1) Jujur, sabar, trokal, lan nerimo. (2) Ojo drengki, ojo srei, ojo dahwen, ojo kemeren, lan ojo pekpinek barange liyan. (3) Ojo mbedo mbedakne sepadane urip, kabeh sedulure dewe. (4) Ojo waton omong, omong seng nganggo waton. (5) Biso roso rumongso. Ajaran-ajaran tersebut mereka praktekan dalam kehidupan sehari-hari dengan keyakinan bahwa ajaran yang diterapkan akan bernilaikan ibadah, dan salah satu wujud dari praktek ajaran tersebut adalah kesejahteraan dan ketentraman di Dusun Jepang. Artinya tidak pernah terjadi konflik antar masyarakat Samin dengan masyarakat nonSamin. Hal tersebut membuktikan bahwa ajaran ojo mbedo mbedakne sepadane urip mampu diterapkan dengan baik oleh masyarakat Samin di Bojonegoro. Dengan ajaran dan prakteknya tersebut, maka dapat dianalisis dan disimpulkan bahwa ajaran yang satu ini, masuk dalam kategori cara beragama perbuatan benar. Dari ajaran tersebut, mengajarkan kita sebagai manusia yang telah terbawa arus globalisasi untuk menghilangkan atau minimal mengurangi kebiasaan individual dan konsumtif. Masyarakat Samin mengajarkan untuk senantiasa hidup sederhana, damai dengan keadaan, dan memiliki solidaritas tinggi. Sehingga masyarakat Samin dapat menjadi contoh dari seluruh masyarakat di jaman modern ini, agar terhindar dari gaya hidup yang negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Destyana Berliandestyanaberlian@gmail.comE92216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@gmail.com2018057203
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Antropologi Budaya
Sejarah
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ajaran; Praktek; Agama Adam; Dale Cannon.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Destyana Berlian Amalia
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:10
Last Modified: 27 Jul 2020 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41957

Actions (login required)

View Item View Item