Pengembangan media pembelajaran game Edukasi Berbasis Android pada materi Fungsi untuk melatih kemampuan penalaran Kovariasional siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadi, Ahmad 'Afwal (2020) Pengembangan media pembelajaran game Edukasi Berbasis Android pada materi Fungsi untuk melatih kemampuan penalaran Kovariasional siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad 'Afwal Fuadi_D04215001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran fungsi yang melibatkan penalaran kovariasional masih jarang dilakukan di sekolah-sekolah tingkat menengah, akibatnya tingkat kemampuan penalaran kovariasional siswa masih rendah dan berlanjut hingga tingkat mahasiswa. Selain itu, pembelajaran matematika di sekolah-sekolah sangat rentan membuat peserta didik menjadi bosan dan jenuh. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran yang interaktif berupa game edukasi berbasis android dengan melibatkan penalaran kovariasional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran game edukasi yang valid, praktis dan efektif melatih kemampuan penalaran kovariasional siswa. Media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan R&D oleh Sugiyono. Uji coba game edukasi dilakukan pada 35 siswa kelas XI KA II SMKN 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, validasi ahli, dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi yang diberi nama “IO-Function” dinyatakan valid oleh tiga validator dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 4,47 dan dinyatakan praktis secara teori dengan kategori dapat digunakan tanpa revisi. Sementara itu berdasarkan hasil analisis angket respon siswa, game edukasi dinyatakan praktis secara praktik dengan kategori sangat baik dengan persentasi 87,71 %. Game edukasi IO-Function dinyatakan efektif melatih kemampuan penalaran kovariasional siswa dengan hasil persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 91,42 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadi, Ahmad 'Afwalfuadiafwal@gmail.comD04215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyotyo@uinsby.ac.id2021088301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi; Fungsi; Kemampuan Penalaran Kovariasional.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Afwal Fuadi
Date Deposited: 26 Jul 2020 06:01
Last Modified: 26 Jul 2020 06:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item