Manajemen program tata krama siswa dalam mewujudkan penguatan pendidikan karakter di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizza, Alifatun Nur (2020) Manajemen program tata krama siswa dalam mewujudkan penguatan pendidikan karakter di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Alifatun Nur Faizza_D93216070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen program tata krama siswa yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada tahap perencanaan, sekolah membuat konsep materi pembinaan tata krama yang terdiri atas beberapa tema dan membuat jadwal pembinaan, merencanakan mekanisme penyampaian materi pembinaan, serta menyiapkan form penilaian tata krama siswa. Pada tahap pengorganisasian, sekolah membentuk tim tata krama siswa yang terdiri atas koordinator tim dan penasehat. Kemudian, setiap bulannya akan membentuk tim lagi untuk melakukan pembinaan kepada siswa. Pada tahap pelaksanaan, pembinaan dilakukan setiap hari dengan cara menyelipkan materi tata krama pada setiap jam pelajaran. Pengawasan implementasi program Tata Krama Siswa dilakukan oleh Kepala Madrasah dan Koordinator Tim TKS. Setiap satu bulan sekali, diadakan evaluasi program. Kendala yang dihadapi sekolah berasal dari eksternal maupun internal. Kendala eksternal antara lain keterlibatan orang tua dalam mengawasi anaknya di rumah di mana tidak semua orang tua memiliki kesadaran untuk membentuk akhlak anak dan mengawasi perkembangan tata krama anak. Kendala internal antara lain kurangnya kesadaran dan keterlibatan beberapa guru dalam melakukan pembinaan. Kendala terbesar yaitu berasal dari diri masing-maisng siswa. Hanya siswa yang mau berubah dan patuh yang melaksanaan program tata krama siswa dengan baik. Sebaliknya, siswa yang tidak memiliki kesadaran dan kemauan cenderung mengabaikan program tata krama siswa. Namun, sekolah selalu mengusahakan agar tata krama siswa tetap dijunjung tinggi dan pembinaan akan terus dilakukan hingga tujuan program tata krama siswa ini tercapai. Program tata krama siswa mampu mewujudkan Penguatan Pendidikan Karakter khususnya karakter religius siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizza, Alifatun Nuralifa.anf@gmail.comD93216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Manajemen; Tata krama siswa; penguatan pendidikan karakter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alifatun Nur Faizza
Date Deposited: 08 Aug 2020 07:49
Last Modified: 08 Aug 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41912

Actions (login required)

View Item View Item