Kontribusi pemuda dalam digitalisasi ilmu Falak pada aplikasi Islamicastro dan Faza Haul

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhani, Fajri Zulia (2020) Kontribusi pemuda dalam digitalisasi ilmu Falak pada aplikasi Islamicastro dan Faza Haul. Masters thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Fajri Zulia Ramdhani _F52918011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berangkat dari kegelisahan menemukan bahwa kata kunci Falak di play store, menampilkan setidaknya lima belas aplikasi terkait dan banyak dikembangkan oleh mereka dengan kompetensi keilmuan dalam bidang Falak belum tervalidasi. Kemudian menjadi sebuah kekhawatiran akademis, mengingat ilmu Falak juga mengatur perihal teologis. Di antara aplikasi tersebut terdapat aplikasi yang dibuat oleh pemuda Falak, yaitu Islamicastro oleh Muhammad Faishol Amin dan Faza Haul oleh Muhammad Fuad Zarqowi. Keduanya kemudian menjadi objek penelitian penulis. Tulisan ini membahas mengenai visi utama yang melatarbelakangi pengembangan aplikasi, algoritma perhitungan dam pemrograman aplikasi, kontribusi pemuda, hingga dampak dari digitalisasi menurut pendapat ahli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis going exploring. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Diolah melalui tiga tahapan yaitu kodifikasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian analisa data menggunakan analisis dekriptif dengan metode berpikir induktif. Kerangka teoritik yang digunakan adalah teori peran dan Ilmu Falak secara keseluruhan. Kesimpulannya adalah Islamicastro hadir untuk membantu praktisi Falak di lapangan dalam memberikan data secara praktis dan Faza Haul memudahkan masyarakat, untuk melestarikan tradisi peringatan hari kematian dengan menentukan waktunya dengan tepat. Islamicastro dalam algoritma perhitungan dan pemrogramannya memanfaatkan metode ephemeris, segitiga bola, dan pembaruan metode vincety. Sedangkan Faza Haul, memanfaatkan formula Julian Day dalam rancang bangun algoritma pemrograman dari pendekatan urfi pada algoritma perhitungan yang digunakan Azhar Lathief Nashiran. Faishol Amin dan Fuad Zarqowi adalah pemuda dengan bagian perannya adalah anacted dan prescribed role, juga role model yang berperan sebagai agen perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasar pada UU No. 40 Tahun 2009. Ahli Falak memandang positif kehadiran Islamicastro dan Faza Haul sebagai bentuk digitalisasi keilmuan Falak dan sumbangsih terhadap praktis guna diskursus Falak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhani, Fajri Zuliafajrizuliar@gmail.comF52918011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Teknologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemuda: Falak: Digitalisasi: Islamicastro: Faza Haul.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Ms Fajri Zulia Ramdhani
Date Deposited: 16 Jul 2020 09:17
Last Modified: 16 Jul 2020 11:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41780

Actions (login required)

View Item View Item