Analisis perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma masyarakat Kelurahan Bugih Pamekasan dalam perspektif konsumsi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nastiti, Novia Dwi (2020) Analisis perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma masyarakat Kelurahan Bugih Pamekasan dalam perspektif konsumsi Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Dwi Nastiti_F02418155.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma masyarakat kelurahan Bugih. 2. Mengetahui perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma masyarakat kelurahan Bugih dalam perspektif konsumsi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun pendekatan dalam penelitian ini ialah fenomenologi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Data diambil dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Perilaku masyarakat kelurahan Bugih lebih mengonsumsi pada kebutuhan pokok dibanding kebutuhan yang lainnya, dipengaruhi oleh faktor psikologis, budaya, sosial dan pribadi. Mengutamakan kualitas dibanding harga. Mereka memiliki tabungan sehingga tidak ada anggaran yang berlebihan dan menandakan bahwa mereka berlaku sederhana. Dari segi gaya hidup, berkegiatan pada barang kebutuhan pokok yang pemenuhannya dengan seimbang, membelanjakan pendapatan yang diperoleh dengan mengonsumsi barang atau jasa yang halal dan meluangkan lebih memilih berdiam dirumah. Dari segi berderma, mereka berderma tidak mempunyai waktu tertentu, secara langsung dan tidak terbebani. Kedua, Perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma yang dilakukan masyarakat kelurahan Bugih masih sesuai dengan konsumsi Islam. Perilaku konsumen masyarakat kelurahan Bugih memenuhi tiga unsur etika konsumsi yaitu membelanjakan harta seimbang yaitu kebutuhan pokok saja dan tidak merambat pada kebutuhan lainnya, konsumsi untuk diri sendiri dan keluarga, membelanjakan harta pada pendapatan yang baik dan hanya mengonsumsi pada yang halal saja. Dari segi gaya hidup yang dilakukan tidak menyeleweng dari konsumsi Islam seperti berkegiatan sederhana tidak boros dan tidak kikir, membelanjakan harta pada kebutuhan pokok dengan memperhatikan aspek kehalalan dan maslahah serta memilih berhemat dalam meluangkan waktunya dibandingkan keluar untuk refreshing atau hangout. Dari segi perilaku berderma, masyarakat kelurahan Bugih tetap berderma dari semua kalangan, berderma secara langsung tanpa melalui perantara dan tidak terbebani terkait kewajiban tersebut. Saran dari penelitian ini hendaknya perilaku konsumsi, gaya hidup dan perilaku berderma lebih diterapkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Tokoh agama melakukan penyampaian materi terkait perilaku konsumen, gaya hidup dan perilaku berderma serta bagi bupati Pamekasan untuk terus mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat terkait ketiga hal tersebut sehingga memberikan dampak yang lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nastiti, Novia Dwinoviadwinastiti4@gmail.comF02418155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id2020055001
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Perilaku
Wakaf
Keywords: Perilaku Konsumen; Gaya Hidup dan Perilaku Berderma.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novia Dwi Novia Nastiti
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:06
Last Modified: 10 Jul 2020 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41765

Actions (login required)

View Item View Item