INDUSTRIALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL : STUDI KASUS MENGENAI PERUBAHAN PERAN LAKI-LAKI DALAM KELUARGA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

Asarianto, M. Mufid (2014) INDUSTRIALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL : STUDI KASUS MENGENAI PERUBAHAN PERAN LAKI-LAKI DALAM KELUARGA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Ada dua rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1)bagaimana proses industrialisasi di Desa Bambang Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan (2)bagaimana perubahan sosial yang terjadi pada laki-laki dalam keluarga di Desa Bambang Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan pasca adanya industrialisasi?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial dan fungsional struktural industrialisasi dan perubahan sosial yang terjadi dalam keluarga di Desa Bambang. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori perubahan sosial dan struktural fungsional.
Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa temuan pertama arus modernisasi membuat proses industrialisasi masuk secara cepat. Kedua perubahan sosial yang terjadi pada peran laki-laki terletak pada segi menafkahi anggota keluarganya. Ketiga dampak yang di timbulkan dari industrialisasi semakin minimnya peran laki-laki (suami) dalam keluarga terutama dalam segi perekonomian karena peran ekonomi lebih dipegang istri yang bekerja di pabrik. Perubahan peran laki-laki pasca berdirinya industrialisasi di desa Bambang Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan yaitu; a. Laki-laki lebih sering mengurusi urusan rumah di banding dengan pra berdirinya industrialisai. b. Laki-laki tidak lagi menjadi tulang punggung keluarga karena laki-laki tidak berpenghasilan tetap sedangkan wanita berpenghasilan tetap. c. Turunnya martabat laki-laki sebagai kepala rumah tangga

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abid Rohman
Uncontrolled Keywords: Industrialisasi; Perubahan social; Perubahan peran
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2015 03:34
Last Modified: 09 Feb 2015 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item