Politisi baru dalam politik elektoral: studi kasus strategi politik calon legislatif Yudi Meira pada Pemilihan Legislatif Kota Blitar 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtar, Alvin Afif (2020) Politisi baru dalam politik elektoral: studi kasus strategi politik calon legislatif Yudi Meira pada Pemilihan Legislatif Kota Blitar 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvin Afif Muhtar_I71216036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji politisi baru dengan rumusan masalah bagaimana strategi politik calon legislatif Yudi Meira pada pemilihan legislatif Kota Blitar 2019. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh Yudi Meira dalam Pileg 2019. Kerangka teoritik yang digunakan dalam menjawab permasalahan tersebut adalah strategi politik. Perencanaan konseptual strategi politik antara lain : merumuskan misi, penilaian situasional dan evaluasi, perumusan sub-strategi, perumusan sasaran, target image (citra yang diinginkan), kelompok-kelompok target, pesan kelompok target, instrumen-instrumen kunci, implementasi strategi, dan pengendalian strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif (descriptive research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi politik yang diterapkan oleh Yudi Meira berjalan sistematis, masif, dan efektif sehingga mengantarkan politisi baru sebagai pemilik suara terbanyak pada pemilihan legislatif Kota Blitar 2019. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan temuan di lapangan, meliputi : (1) Pencalonan Yudi Meira dorongan masyarakat dan suporter PSBK Kota Blitar (2) Modal sosial yang kuat dan masif (3) Psikologi games menjadi isu politik (4) Membangun citra politik melalui prestasi sepak bola (5) tagline kampanye menggunakan seduluran selawase (6) Yudi Meira menggunakan kampanye door to door dan blusukan (7) Fokus kelompok target pada tiga kelurahan yakni : Kelurahan Kepanjenlor, Bendo, dan Kauman (8) Tiga segmentasi pemilih sebagai penyumbang suara terbesar yakni dari basis partai dengan ideologi nasionalis, basis suporter bola, basis organisasi masyarakat (9) Yudi Meira bekerjasama dengan Radio Mahardika dan Web Media Nusantara sebagai instrumen kampanye (10) Membentuk lembaga survey independen untuk pemetaan pemilih, menyerap aspirasi masyarakat, melihat elektabilitas dan sebagai bahan evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtar, Alvin Afifcakalvinmuhtar@gmail.comI71216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com2003117702
Subjects: Politik
Kepemimpinan
Keywords: Politisi Baru; Politik Elektoral; Strategi Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: ALVIN AFIF MUHTAR
Date Deposited: 04 Jul 2020 14:21
Last Modified: 04 Jul 2020 14:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41699

Actions (login required)

View Item View Item