Analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk terhadap upaya Kementerian Agama dalam mereformulasi moderasi Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irama, Yoga (2020) Analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk terhadap upaya Kementerian Agama dalam mereformulasi moderasi Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoga Irama_E21216088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengidentifikasi formula moderasi beragama Kementerian Agama RI, sekaligus menganalisis secara kritis wacana Kementerian Agama dalam mereformulasi moderasi Islam di Indonesia. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: pertama, bagaimana formula moderasi beragama Kementerian Agama RI? Kedua, bagaimana analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk terhadap wacana Kementerian Agama RI dalam mereformulasi moderasi Islam di Indonesia? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif, dengan memakai teori analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk yang terbagi dalam tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan literatur kepustakaan yang relevan dengan tema kajian. Skripsi ini menemukan bahwa: pertama, formula moderasi beragama Kemenag RI adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI melalui beberapa lini, dalam upaya menguatkan pemahaman beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia, diantaranya penguatan moderasi beragama melalui program bimbingan pra-nikah kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, penguatan moderasi beragama melalui pelatihan k1aderisasi instruktur moderasi beragama bagi muballigh muda, mahasiswa, dosen, serta tokoh-tokoh agama, dan penguatan moderasi beragama melalui instruksi pendirian Rumah Moderasi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kedua, dalam segi teks, seluruh formula moderasi beragama Kemenag RI yang telah dipublikasi di media, mengungkapkan akan pentingnya implementasi pemahaman beragama yang moderat bagi setiap masyarakat, dengan adanya kemoderatan beragama tersebut niscaya akan menciptakan katup pengaman, guna menyemai persatuan dan kesatuan diantara kemajemukan umat beragama di Indonesia. Dalam segi kognisi sosial, Kemenag mencerminkan sikap kewaspadaan dan kekawatiran akan berkembangnya gerakan radikalisme keagamaan yang kian menyerang seluruh elemen masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan, sehingga pihak Kemenag mengambil langkah-langkah efektif berupa penguatan kemoderatan pada beberapa lini yang rentan dimasuki pemahaman non-moderat. Sedangkan dalam konteks sosial, Kemenag RI adalah sebuah lembaga negara yang memiliki otoritas penuh dalam merawat keragaman beragama di Indonesia, urusan-urusan keagamaan di Indonesia pun turut menjadi tanggung jawab, dengan adanya formula penguatan pemahaman moderat kepada masyarakat, tidak lain merupakan bentuk upaya Kemenag dalam merawat keragaman, persatuan dan perdamaian seluruh agama di Indonesia. Dengan demikian, besar harapan agar mampu menggerus habis resiko perpecahan dan kerusakan akibat pemahaman yang salah, salah satunya pola beragama yang konservatif atau radikal, yang bertentangan dengan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irama, Yogayogabjn77@gmail.comE21216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.com2015098101
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Indonesia
Islam
Kerukunan Beragama
Keywords: Kementerian Agama RI; Formula; Moderasi Beragama; Analisis Wacana Kritis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Yoga Irama
Date Deposited: 04 Jul 2020 11:31
Last Modified: 04 Jul 2020 11:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41693

Actions (login required)

View Item View Item