A STUDY ON TEACHER'S KNOWLEDGE IN DESIGNING A SYLLABUS OF SPEECH SUBJECT AT SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Khusnul (2015) A STUDY ON TEACHER'S KNOWLEDGE IN DESIGNING A SYLLABUS OF SPEECH SUBJECT AT SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Silabus merupakan salah satu persiapan penting sebelum proses pembelajaran dimulai. Silabus membantu guru dalam memilih dan menyusun materi serta media interaktif untuk proses pembelajaran. Akan tetapi, ada beberapa guru yang menyusun silabus sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisa tingkat pengetahuan guru sebagai penyusun dan perencana dalam pembuatan silabus untuk kelas pidato pada SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dimana guru pidato menyusun silabusnya sendiri karena silabus untuk pembelajaran pidato tidak tercantum dalam Kurikulum Nasional yang ada di Indonesia. Adapun pengetahuan dalam penelitian ini dibatasi dalam pengetahuan pedagogik atau kemampuan pedagogik. Penelitian ini juga menguji kualitas dari silabus untuk pembelajaran pidato yang telah disusun oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif berkaitan dengan pengetahuan guru dalam menyusun silabus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dari kumpulan teori untuk menjawab masalah penelitian yang pertama dan dokumentasi untuk menjawab masalah penelitian yang kedua. Subjek penelitian ini adalah guru pidato di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Berdasarkan hasil analisa data,tingkat pengetahuan guru dalam menyusun silabus terletak pada tingkatan nomor 3 yang berarti efektif. Penentuan tingkatan pengetahuan guru ditetapkan berdasarkan rubrik evaluasi guru yang diadaptasi dari teori Kim Marshal. Nilai rata-rata pengetahuan yang diperoleh guru adalah 3,4 dari 14 indikator. Adapun, kualitas dari silabus untuk pembelajaran pidato adalah sangat baik. Hal ini berarti silabus tersebut dapat digunakan sebagai contoh untuk pembelajaran pidato lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Arba’iyah Ys, Ana Nurul Laila
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Guru; Silabus; Pidato; Menyusun Silabus; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2016 03:18
Last Modified: 12 Aug 2017 14:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item