Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam proses pembinaan seni baca Al Quran di Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran As Saidiyah Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzi, Muhamad Nur Lutfi Ainul (2020) Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam proses pembinaan seni baca Al Quran di Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran As Saidiyah Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Nur Lutfi Ainul Izzi_D91216064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini menuntut kemajuan dalam segala aspek, terutama kemajuan bangsa dan agama. Globalisasi menjadikan semua kalangan dapat mengkonsumsi kecanggihan Teknologi, terkadang orang dapat menggunakan dalam hal yang bermanfaat, namun tidak bisa dipungkiri juga terkadang orang terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Tidak hanya itu, dampak ini juga berakibat dengan adanya benturan dengan tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan peraturan pemerintah tersebut, dapat kita pahami bahwa sungguh pentingnya pendidikan agama yang salah satunya menanamkan nilai-nilai akhlak mulia. Akhlak mulia dalam pendidikan keagamaan ini bersumber utama dari Al-Qur’an dan Hadis. Akhlak mulia tersebut harus senantiasa melekat pada kepribadiaannya sebagai seorang anak, santri, bahkan ketika menjadi tokoh masyarakat nantinya. Sebagai salah satu alternatifnya nilai-nilai akhlak tersebut bisa didapatkan dari proses pembelajaran seni baca Al- Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam proses pembinaan seni baca al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an As-Sa’idiyah Kota Mojokerto. (2) Apa saja factor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam proses pembinaan seni baca al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an As-Sa’idiyah Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Maksudnya adalah data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif adalah data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, dan dokumen lainnya. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa internalisasi nilai-nilai dalam proses pembinaan seni baca al-Qur’an berjalan dengan baik dan dilakukan dengan dua cara yakni memberikan materi nilai-nilai akhlak dan menggunakan metode pembentukan akhlakul karimah. Sedangkan factor pendukung dan penghambatnya didasari oleh factor internal santri dan lembaga serta factor eksternal lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzi, Muhamad Nur Lutfi Ainullutfiizzi230598@gmail.comD91216064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth712022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby2012096702
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Al Qur'an
Keywords: Nilai-nilai akhlak; seni baca al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: - Muhamad Nur Lutfi Ainul Izzi
Date Deposited: 01 Jul 2020 06:23
Last Modified: 01 Jul 2020 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41665

Actions (login required)

View Item View Item