Pengaruh struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Wahyu Adi (2020) Pengaruh struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Adi Nugroho_G72216081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait pengaruh struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini sebanyak 143 perusahaan manufaktur di semua subsektor. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh data sebanyak 41 perusahaan sampel untuk 3 tahun pengamatan. Data yang diperoleh berupa annual report perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Teknik penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 21. Penelitian menggunakan uji bloxplot dan transformasi Lag Cochrane Orcutt. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif (ex post factor). Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian secara simultan struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Persamaan Regresi Linier berganda penelitian ini adalah PBV = -3,386 – 0,618.Lag_DER + 0,100.Lag_ROE + 0,017.Lag_GROWTH + 0,448.Lag_SIZE + e. Saran dari penelitian ini adalah mengganti proksi dari pertumbuhan perusahaan, menambah periode penelitian dan menambah variabel yang belum ada pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Wahyu Adiwahyuadinugroho1997@gmail.comG72216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Bursa Saham
Keywords: Struktur modal: profitabilitas: pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Wahyu Adi Nugroho
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:17
Last Modified: 02 Jul 2020 01:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41642

Actions (login required)

View Item View Item