Penerapan media pembelajaran edmodo untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Mufarikhatul (2020) Penerapan media pembelajaran edmodo untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufarikhatul Fauziah_D91216063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaaan Islam Pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Fokus penelitian ini adalah (1) Penerapan penerapan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo. (2) Hasil belajar pada siswa kelas VII mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Sidoarjo melalui Edmodo. (3) Kendala penerapan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTsN 1 Sidoarjo. Dengan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa melalui teknologi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, data yang terkumpul dan diambil makna terpenting serta ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tentang penerapan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sidoarjo telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ulangan harian menggunakan media Edmodo sebagian besar kelas VII-F mendapat nilai 90 dan kelas VII-J mendapat nilai 80. Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kurangnya keterampilan dalam pengoperasian media Edmodo serta laptop yang digunakan guru memiliki baterai Error. Koneksi dan jaringan internet yang tidak stabil menghambat dalam mengerjakan soal. Kendala untuk siswa yaitu sebagian kecil siswa tidak mempunyai fasilitas yang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Mufarikhatulmufarikhatulf01@gmail.comD91216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran
Keywords: SKI; Edmodo; MTsN 1 Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarikhatul Fauziah
Date Deposited: 27 Jun 2020 04:37
Last Modified: 29 Jun 2020 01:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41590

Actions (login required)

View Item View Item