THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ LEARNING APPROACH AND THEIR READING ACHIEVEMENT OF 4TH SEMESTER STUDENTS ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT STATE ISLAMIC UNIVERSITY SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmaniyah, Laily Indah (2015) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ LEARNING APPROACH AND THEIR READING ACHIEVEMENT OF 4TH SEMESTER STUDENTS ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT STATE ISLAMIC UNIVERSITY SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Memproses dan membedakan informasi tertulis secara detail melalui pemahaman membaca adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran bahasa. Itulah alasan mengapa membaca menjadi salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran bahasa terutama bahasa asing seperti bahasa Inggris. Dalam proses pembelajaran bahasa, perbedaan prestasi siswa sering kali ditemukan. Perbedaan prestasi seperti yang ada di kelas membaca dimana dalam kelas tersebut terdiri dari beberapa siswa yang memiliki latar belakang dan budaya yang sama, diajar oleh guru yang sama, dengan materi dan metode yang sama pula membuat peneliti ingin mengetahui apa penyebab hal ini terjadi. Salah satu jawaban yang kemungkinan benar adalah disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang mereka gunakan.
Pendekatan pembelajaran adalah cara siswa dalam belajar atau ciri khas siswa dalam belajar bahasa, umumnya digunakan dalam pelajaran membaaca. Dalam upaya mengetahui ciri khas belajar siswa dalam pelajaran reading beserta pengaruhnya terhadap prestasi mereka dalam pelajaran tersebut, siswa akan diklasifikasikan kedalam tiga macam learning approach, yaitu pendekatan deep, pendekatan strategic, dan pendekatan surface.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas reading 4 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Approach and Study Skill Inventory (ASSIST) oleh Martin dan Saljo adalah instrumen yang digunakan untuk mengklasifikasikan siswa berdasarkan learning approach yang mereka gunakan. Dalam metode pengumpulan data, ini dilakukan dengan kuesioner, observasi kelas dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasi kuantitatif yang dianalisa menggunakan rumus regresi linier berganda.
Hasil analisa korelasi regresi linier berganda menunjukan bahwa ada korelasi positif antara pendekatan pembelajaran yang digunakan siswa dengan prestasi membaca mereka. Nilai korelasinya adalan 0,386 untuk pendekatan deep, 0,293 untuk pendekatan strategic dan 0,086 untuk pendekatan surface. Berdasarkan nilai korelasinya, dapat diartikan bahwa korelasi tersebut lemah. Ini berarti pendekatan pembelajaran yang digunakan siswa sedikit berpengaruh terhadap prestasi membaca mereka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Hanafi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmaniyah, Laily IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran; Pendekatan Deep; Pendekatan Strategic; Pendekatan Surface; Pemahaman Membaca; Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2016 02:34
Last Modified: 28 Jan 2016 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item