Makna penggunaan cadar bagi mahasiswi bercadar di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Faella Fauzia (2020) Makna penggunaan cadar bagi mahasiswi bercadar di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faella Fauzia Wibowo_E01216010.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hijrah adalah fenomena yang sedang marak khususnya bagi kaum milenial. Perempuan berhijrah salah satunya memiliki ciri identitas berpenampilan tertutup dengan jilbab panjang dan sering dikombinasikan dengan cadar. Cadar yakni selembar kain yang menutupi wajah perempuan berjilbab dan hanya menyisakan bagian matanya saja. Di kalangan wanita muslimah penggunaan cadar saat ini sedang menjadi trend. Fenomena ini juga mulai menggejala di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan dijumpainya beberapa mahasiswi yang menggunakan cadar. penelitian ini hendak melihat fenomena mahasiswi bercadar di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Terutama terfokus pada tiga hal yakni makna, because motive yaitu alasannya di masa lalu yang membuat mereka menjadi pengguna cadar, dan in order to motive yaitu apa yang diharapkan oleh mereka (wanita bercadar) dari pemakaian cadar tersebut di masa depan. Penelitian ini menemukan latar belakang mereka (because motive) yaitu alasannya di masa lalu yang membuat mereka menjadi pengguna cadar. tentunya berbeda dari setiap masing-masing individu dalam mengambil keputusan untuk bercadar, Dengan kata lain pengambilan keputusan untuk bercadar tidak terlepas dari pertimbangan yang dilakukan mahasiswi bercadar di UMSIDA yang sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, pendidikan, budaya dan norma etika agama.
Tentunya dari because motive tersebut terdapat (in order to motive), berkaitan dengan alasan seseorang melakukan suatu tindakan sebagai usahanya untuk menciptakan situasi dan kondisi yang diharapkan di masa datang. Tujuan dari mahasiswi bercadar di UMSIDA tidak terlepas dari beberapa motif yang dilakukan, yang sebelumnya mengalami proses intersubyektifitas melalui pengalaman-pengalaman yang sebelumnya dialami yakni melalui aktivitas sosial. Dari because motive dan in order motive tersebut dapat diperoleh makna penggunaan cadar bagi mahasiswi bercadar di UMSIDA, yang dapat digolongkan menjadi 3 pemaknaan, yakni cadar sebagai pelindung, pemahaman mengenai hukum cadar dan cadar sebagai pengontrol diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Faella Fauziaffwibowo22@gmail.comE01216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED2027096201
Subjects: Islam > Pakaian dan Perhiasan
Wanita dalam Islam
Keywords: Cadar; Makna; Because Motive; In Order to Motive
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: faella wibowo
Date Deposited: 27 Jun 2020 04:30
Last Modified: 27 Jun 2020 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41588

Actions (login required)

View Item View Item