Manajemen pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid: studi kasus pada masjid Jogokariyan Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pellu, Arifin (2020) Manajemen pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid: studi kasus pada masjid Jogokariyan Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifin Pellu_F02418140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semua masjid merupakan pusat peradaban umat Islam di seluruh Dunia. Maka dalam hal pengelolahan, setiap pengurus masjid harus memiliki kompetensi dan wawasan luas mengenai manajemen. Sehingga masjid berfungsi sebagaimana yang pernah diterapkan pada zaman Rasulullah SAW yaitu 70% kegunaan masjid adalah sebagai gerakan sosial dan 30%nya adalah digunakan untuk ibadah. Dalam penelitian ini berujuan untuk menjawab dua masalah yaiitu, strategi dan praktik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan feeit risech. Adapun pendekatannya adalah diskriptif kualitatif dengan obyek penelitiannya adalah suatu kasus yang terkait dengan manajemen pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dari hasil penelitian, yang pertama, tampak bahwa usaha para pengurus masjid yang dilakukan untuk masjid dari waktu ke waktu telah memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar masjid. pada khususnya bagi jama’ah/masyarakat pada umumnya. Yang kedua selain memberi dampak positif, masjid Jogokariyan juga menjadi inspirasi bagi masjid-masjid seluruh Indonesia dalam hal manajemennya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pellu, Arifinarifinpelu123@gmail.comF02418140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdprof.dr.abdhadi99@gmail.co2018115501
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED2025095501
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Pemberdayaan
Keywords: Manajemen; Masjid; Pemberdayaan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arifin Pellu
Date Deposited: 28 Jun 2020 12:32
Last Modified: 28 Jun 2020 12:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41573

Actions (login required)

View Item View Item