Implementasi Pembelajaran PAI dalam Pendidikan Inklusi : studi multisitus di SMAN 1 Gedangan dan SMAN 4 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Abdul (2020) Implementasi Pembelajaran PAI dalam Pendidikan Inklusi : studi multisitus di SMAN 1 Gedangan dan SMAN 4 Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rosyid_F12317279.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam dalam pendidikan inklusi tidak hanya fokus di dalam kelas, tetapi juga memaksimalkan program-program keislaman sekolah sebagai alat dalam mencapai tujuan pembelajaran Pendidiakan Agama Islam yang ada di sekolah inklusi. SMAN 1 Gedangan dan SMAN 4 Sidoarjo merupakan sekolah SMAN pertama di Sidoarjo yang ditunjuk oleh dinas pendidikan di tahun 2013 menjadi Pilot Projek menerapkan pendidikan Inklusi. Guru Pendidikan Agama Islam di dua sekolah tersebut melakukan proses pembelajaran di kelas inklusi dengan memodifikasi pembelajaran. Hal tersebut menjadi dasar peneliti ingin melakukan penelitian dan ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI dalam Pendidikan Inklusi, Program-program keislaman serta faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi Pembelajaran PAI di Dua sekolah tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan di dua sekolah tersebut berkaitan perencanaan sesuai dengan kurikulum 2013 dengan RPP yang menggunakan pendekatan saintifik serta model dan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, namun pada proses pembelajaran tidak berjalan seperti pada RPP. Guru dominan menggunakan metode ceramah daripada diskusi. Tetapi guru juga memodifikasi proses tersebut untuk disesuaikan dengan kemampuan siswa. Program-program keislaman yang dimiliki dua sekoloah tersebut banyak dan hampir sama, seperti sholat dhuha, sholat jum’at, menjadi pengurus Masjid dan lain-lain, Guru memberikan peran dan kesempatan kepada siswa ABK untuk menunjukkan kemampuannya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan keislaman sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak ABK dapat dilaksanakan melalui Program-program keislaman. Ada beberapa faktor yang sama yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran PAI dalam pendidikan Inklusi di SMAN 1 Gedangan dan SMAN 4 Sidoarjo, faktor pendukungnya yaitu tersedianya Ruang Sumber, Pelatihan Guru, GPK (Guru Pendamping Khusus), Keramahan Lingkungan Sekolah, Pengenalan Karakter Siswa oleh Guru, Kemampuan Mengelola kelas, Kemampuan Melakukan metode-metode dalam proses pembelajaran, Masjid dengan sarana memadahi, dan PPI (Program Pembelajaran Individu). Sedangkan faktor penghambat pembelajarannya adalah kemampuan guru dalam membuat Administrasi menyesuaikan ABK dan Kurangnya pelatihan untuk guru Agama Islam berkaitan dengan pendidikan Inklusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, Abdulndeloho@gmail.comF12317279
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Implementasi; Pembelajaran PAI; Pendidikan Inklusi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Rosyid
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:30
Last Modified: 24 Jun 2020 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41566

Actions (login required)

View Item View Item